Adhisuma, Sastradhewa Tito (2017) Pengembangan media presentasi pembelajaran tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 untuk siswa kelas IV SDN Pandansari Ngantang Kabupaten Malang / Sastradhewa Tito Adhisuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Adhisuma Sastradhewa Tito. 2017. Pengembangan Media Presentasi Pembelajaran Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1Untuk Siswa Kelas IV SDN 2 Pandansari Ngantang Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sulton M.Pd. (II) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Media Presentasi Pembelajaran Tematik Aku Cita-citaku Bahasa Indonesia IPA Dalam pembelajaran dibutuhkan sebuah media yang berisikan lebih dari sekedar gambar dan mampu digunakan dalam mendukung terlaksananya pembelajaran. Media yang mampu untuk memvisualisasikan sebuah materi dapat terwujud dengan media pembelajaran berbasis presentasi atau disebut dengan Media Presentasi Pembelajaran. Dikarenakan materi ini cukup abstrak untuk diamati secara langsung sehingga siswa kesulitan untuk memvisualisasikan contoh-contoh puisi dan gambar pertumbuhan hewan dan tumbuhan. Untuk itu diperlukan suatu media presentasi pembelajaran untuk melengkapi kebutuhan belajar siswa akan materi tematik Aku Cita-citaku . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media presentasi pembelajaran tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan IPA kelas IV SDN 2 Pandansari Ngantang. Bentuk produk yang dihasilkan berupa sebuah aplikasi .apk berisikan materi dengan visualisasi menarik serta konten yang edukasional berupa teks gambar animasi audio dan video. Dilengkapi fitur soal yang bersifat sebagai latihan singkat. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Research and Development (R D) hasil adaptasi dari Borg and Gall (1983). Langkah-langkah pengembangan yang digunakan untuk mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahapan tersebut antara lain (1) Reseacrh Information Collecting (2) Planning (3) Development Preliminary Form Of Product (4) Preliminary Field Testing (5) Main Product Revision (6) Main Field Testing (7) Revisionand Final Product. Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa-siswa kelas IV SD atau yang mengikuti materi tematik Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan IPA. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini memenuhi kriteria valid yakni ahli media 85% ahli materi 98 61% uji coba kelompok kecil 90 19% uji coba kelompok besar 86 83% tes hasil belajar 100%. Selain itu terdapat perbaikan diantaranya perbaikan yang diperoleh dari ahli media adalah mapping bab materi penambahan navigasi perbaikan video mencantumkan semua sumber mengembangkan format buku (cetak) menjadi digital dalam media mendesain ulang buku petunjuk pemanfaatan secara lengkap untuk guru user dan maintenance. Dengan demikian produk media presentasi pembelajaran materi tematik muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan IPA yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |