Analisis penerapan pendidikan karakter anak tunagrahita kelas VIII C di SMPLB Negeri Kota Malang / Rahmadin Widya Nurcahyo

Nurcahyo, Rahmadin Widya (2019) Analisis penerapan pendidikan karakter anak tunagrahita kelas VIII C di SMPLB Negeri Kota Malang / Rahmadin Widya Nurcahyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmadin Widya N. 2019. Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Anak Tunagrahita Kelas VIIIc di SMPLB Negeri Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sudarsini, M.Pd. (II) Dr. Agung Kurniawan, M.Kes Kata Kunci: penerapan, nilai-nilai karakter, pembelajaran, kelas rendah Sekolah sebagai penyelenggara pendidikan diharapkan dapat menerapkan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan dan pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 4 Februari 2019, karakter dikembangkan melalui pembiasaan seperti bersalaman dengan guru, membaca Asmaul Husna, upacara, dan Jumat Infaq. Fokus penelitian ini yaitu pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan, penerapan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelakasanaan, dan penilaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa pendidikan karakter dilaksanakan melalui kegiatan upacara, apel pagi, senam dan Jumat infaq. Penerapan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Karakter yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013 diantaranya jujur, kerja sama, mandiri, disiplin, gemar membaca, tanggung jawab, dan rasa ingin tahu. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendidikan karakter dilaksanakan melalui pembiasaan dapat mengembangkan karakter semangat kebangsaan, tanggung jawab, percaya diri, dan disiplin melalui kegiatan upacara, apel pagi, dan senam. Sedangkan karakter peduli sosial dapat dikembangkan melalui pembiasaan Jumat infaq; (2) Perencanaan penerapan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran dirumuskan dalam tujuan pembelajaran dapat mengembangkan karakter religius, percaya diri, kerja sama, santun, dan mandiri. Nilai-nilai yang termuat dalam langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013; (3) Penerapan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran meliputi pembiasaan perilaku baik dalam setiap kegiatan pembelajaran dan terintegrasi dalam muatan pelajaran. Penataan kelas dapat menunjang pengembangan karakter disiplin, peduli, cinta tanah air, dan menghargai prestasi; (4) Penilaian penerapan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran melalui pengamatan sehari-hari yang akan direkap setiap minggunya. Disarankan kepada guru untuk memberikan reward and punishment untuk memperkuat karakter siswa. Artinya apabila siswa melalukan tindakan positif, oleh guru diberikan penghargaan baik berupa kalimat pujian atau simbol jempol. Sementara siswa yang berperilaku negatif, guru memberikan sanksi yang berupa teguran agar siswa tidak mengulangi kembali kesalahannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71122

Actions (login required)

View Item View Item