Pengembangan multimedia interaktif tata cara berwudhu untuk anak tunarungu kelas V SDLB B-C Kepanjen / Armi Diah Ayu Miftakhul Khoiroh

Khoiroh, Armi Diah Ayu Miftakhul (2019) Pengembangan multimedia interaktif tata cara berwudhu untuk anak tunarungu kelas V SDLB B-C Kepanjen / Armi Diah Ayu Miftakhul Khoiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khoiroh, Armi Diah Ayu Miftakhul. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Tata Cara Berwudhu untuk Anak Tunarungu Kelas V SDLB B-C Kepanjen. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, (2) Sopingi, S.Sos., M.Pd. Kata Kunci : Tata Cara Berwudhu, Multimedia Interaktif, Anak Tunarungu Pembelajaran agama Islam perlu diajarkan kepada anak sejak dini agar siswa dapat menerapkan pembelajaran tersebut dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pembelajaran agama yang perlu diberikan kepada anak untuk penerapan sehari-hari yakni tata cara bersuci. Terdapat tiga jenis cara bersuci, salah satunya adalah wudhu. Studi kasus yang dilakukan di SDLB B-C Kepanjen Malang, masih dijumpai beberapa siswa yang belum sempurna dalam melaksanakan wudhu. Beberapa siswa masih terlihat asal-asalan, belum sesuai urutan, dan terdapat bagian yang belum terkena air. Oleh karena itu, salah satu upaya memberikan pendampingan belajar tata cara berwudhu dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan menarik perhatian siswa. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk multimedia interaktif tata cara berwudhu sebagai pendamping guru saat mengajarkan tata cara berwudhu agar mampu menarik perhatian dan minat belajar anak. Pengembangan multimedia interaktif dikembangkan melalui adaptasi langkah dalam Sugiyono yang mulanya terdapat 10 langkah menjadi tujuh langkah, yakni: observasi dan pengumpulan informasi, perencanaan, desain produk, validasi produk, revisi produk awal, uji coba kelompok kecil, revisi produk akhir. Subyek uji coba produk terdiri dari ahli media, ahli materi, ahli praktisi dan uji coba kelompok kecil yang terdiri dari lima siswa tunarungu kelas V SDLB B-C Kepanjen. Hasil pengembangan produk menunjukkan bahwa multimedia interaktif tata cara berwudhu dikategorikan valid, sangat layak dan efektif untuk digunakan sebagai media penunjang pembelajaran berwudhu siwa tunarungu. Hasil validasi produk diketahui sebagai berikut: (1) ahli media, sangat layak (94%); (2) ahli materi, sangat layak (93%); (3) praktisi, sangat layak (90%); (4) uji coba kelompok kecil, efektif (79,5%). Kesimpulan pada penelitian ini yakni dihasilkan produk yang valid, sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran siswa tunarungu kelas V SDLB B-C Kepanjen. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan lebih menginovasi desain visual media dan memperluas subjek sasarannya. ABSTRACT Khoiroh, Armi Diah Ayu Miftakhul. 2019. Developing Interactive Multimedia on the Procedure of Ablution for Deaf Children at Fifth Grade of SDLB B-C Kepanjen. Thesis. Department of Special Education, Faculty of Education, University State of Malang. Advisors: (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, (2) Sopingi, S.Sos., M.Pd. Keywords : Procedures of Ablution, Interactive Multimedia, Deaf Children Islamic learning needs to be taught to children early so that students can apply the learning and practice it in daily life. One of the religious learning that needs to be given to children for daily application is the procedure for purification. There are three types of cleansing methods, one of which is ablution. Case studies conducted at the SDLB B-C Kepanjen Malang, there are still some students who are not perfect in performing ablution. Some students still look careless, not in the order, and there are parts that have not been exposed to water. Therefore, one of the efforts to provide assistance is learning how to perform ablution by using innovative learning media and attracting students attention. The purpose of this study is to produce interactive multimedia products for ablution as a teacher’s companion when teaching ablution procedures to be able to attract attention and interest in children’s learning. Interactive multimedia development was developed through the adaption of steps in Sugiyono which initially had 10 steps into seven steps, namely: observation and information gathering, planning, product design, product validation, initial product revision, small group trials, final product revisions. The product trial subjects consisted of media experts, material experts, practitioner experts and small group trials consisting of five deaf students of fifth class at SDLB B-C Kepanjen. The results of product development show that interactive multimedia procedures for ablution are categorized as valid, very feasible and effective to be used as a medium to support learning of deaf student ablution. The results of product validation are known as follows: (1) media experts, very feasible (94%); (2) material experts, very feasible (93%); (3) practitioners, very feasible (90%); (4) test try small group, effective (79,5%). The conclusion of this research is that a valid product is produced, so that it is appropriate to be used in the learning process of deaf students in fifth grade at SDLB B-C Kepanjen. Suggestions for future researchers are expected to further innovate visual media design and expand the target subject.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71121

Actions (login required)

View Item View Item