Pengembangan media audio dalam melatih kemandirian toilet training pada anak tunanetra / Nita Eka Noviyanti

Noviyanti, Nita Eka (2019) Pengembangan media audio dalam melatih kemandirian toilet training pada anak tunanetra / Nita Eka Noviyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Noviyanti, Nita Eka.2019. Pengembangan Media Audio dalam Melatih Kemandirian Toilet Training pada Anak Tunanetra.Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. M. Shodiq, A.M, M.Pd, (2) Dr. Sulthoni, M.Pd Kata Kunci : pengembangan, media audio, toilet training, tunanetra. Kemandirian dalam merawat diri merupakan kebutuhan bagi semua individu tidak terkecuali tunanetra, begitu pula dengan Toilet Training juga merupakan hal yang urgen bagi semua individu baik individu tunanetra atau individu pada umumnya sebab tidak semua orang mau untuk membantu hal tersebut. Karena berhubungan dengan organ intim. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan selama KPL di tempat tersebut, bahwasanya tunanetra yang bersekolah di SDLB Negeri Kedungkandang belum menguasai materi Activity of Daily Living khususnya dalam hal BAB dan BAK. Oleh karena itu, peneliti mencoba melakukan pengembangan media pembelajaran yang berupa audio atau rekaman tentang tata cara buang air dengan harapan media audio tersebut dapat mempermudah individu tunanetra untuk menghafal urutan dalam melakukan Toilet Training sehingga mereka dapat melakukannya secara mandiri. Pengembangan yang dilakukan menggunakan metode Borg and Gall yang terdiri atas sepuluh langkah dan pada pengembangan yang dilakukan peneliti hanya mengadaptasi 7 langkah. Di antara langkah tersebut terdapat langkah yang disebut dengan validasi produk yang dikembangkan. Subjek uji coba terdiri atas ahli materi 1, ahli materi 2, ahli media, dan peserta didik sebanyak 3 orang. Hasil pengembangan ini diperoleh data sebagai berikut, (1) validasi ahli materi 1 (2) validasi ahli materi 2 (3) validasi ahli media (4) Hasil tes uji pengguna seluruh siswa melebihi KKM yang telah ditentukan SDLB Negeri Kedungkandang Malang untuk siswa tunanetra ialah 70 Hasil pengembangan secara keseluruan bahwa produk Media Audio Toilet Training dalam Melatih Kemandirian pada Anak Tunanetra yang dikembangkan ini efektif dan layak untuk digunakan sehingga dapat dipergunakan dalam proses mengajar di kelas. Kelebihan media audio ini ialah mudah dioperasikan, bahasa yang digunakan sederhana sehingga mudah dipahami oleh siswa tunanetra, media audio ini berformat MP3 sehingga dapat diputar dengan semua jenis pemutar audio,selain itu audio dikemas dalam DVD. Sedang kekurangan dari media audio yang dikembangkan adalah materi yang dimuat dalam audio hanya terbatas pada ADL dan fokus pada tata cara BAB dan BAK. Agar hasil media audio Toilet Training ini dapat bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran maka ada beberapa saran yang terkait dengan pengembangan media audio Toilet Training. Bagi guru dapat menggunakan media audio tersebut untuk pembelajaran ADL(toilet Training), bagi peserta didik penggunaan media audio dapat membuat peserta didik belajar lebih giat sehingga kemandirian dapat tercapai, pengembang lain yang akan membuat topik pengembangan yang sama dengan produk audio diharapkan mengembangkan materi yang lebih luas serta format audio yang lebih bagus dan dapat diuji cobakan pada anak dengan jenjang pendidikan yang lebih rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71120

Actions (login required)

View Item View Item