Pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan pada siswa tunagrahita ringan di SLB Eka Mandiri Kota Batu / Riska Amalia Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan pada siswa tunagrahita ringan di SLB Eka Mandiri Kota Batu / Riska Amalia Rahman

Rahman, Riska Amalia (2019) Pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan pada siswa tunagrahita ringan di SLB Eka Mandiri Kota Batu / Riska Amalia Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahman Riska Amalia. 2019. Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Tunagrahita Ringan Di SLB Eka Mandiri Kota Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M.Pd. (II) dr. Agung Kurniawan M.Kes Kata Kunci pembelajaran membaca permulaan tunagrahita ringan Tunagrahita ringan adalah anak tunagrahita yang memiliki IQ antara 50 70 sehingga tidak mampu mengikuti program sekolah biasa tetapi masih memiliki kemampuan yang dapat dikembangkan lewat pendidikan walaupun hasilnya tidak maksimal. Kemampuan yang dapat dikembangkan yaitu membaca menulis mengeja dan berhitung. Salah satunya anak tunagrahita sering kesulitan membaca sehingga menghambat kegiatan pembelajaran disekolah. Siswa akan kesulitan dalam hal memahami suatu informasi yang disajikan didalam buku teks/ buku siswa serta sumber belajar lainnya. Sehingga guru melaksanakan pembelajaran membaca permulaan untuk membangun kemampuan dasar membaca meliputi mengenal sistem tulisan dan bunyi membaca suku kata dan membaca kalimat sederhana untuk memudahkan membaca ketahap lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan pada siswa tunagrahita ringan di SLB Eka Mandiri Batu (2) mendeskripsikan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan pada siswa tunagrahita ringan di SLB Eka Mandiri Batu dan (3) mendeskripsikan solusi dalam mengatasi hambatan yang terjadi pada pembelajaran membaca permulaan siswa tunagrahita di SLB Eka Mandiri Batu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu melalui tahapan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan pada siswa tunagrahita ringan dimulai dari kegiatan awal sampai kegiatan penutup. Pelaksanaan membaca permulaan diterapkan guru yaitu mengenal huruf dan bunyi membaca suku kata membaca kata dan kalimat sederhana menggunakan media kartu. Dan penggunaan metode-metode membaca berupa metode eja bunyi suku kata kata dan metode SAS. Hambatan yang dihadapi guru meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi intelegensi atensi daya ingat dan perkembangan bahasa. Faktor eksternal meliputi kurangnya sumber dan media waktu yang singkat dan kurangnya dukungan orangtua. Solusi dalam mengatasi hambatan membaca permulaan yaitu pembelajaran membaca dilakukan secara berulang-ulang memperhatikan penggunaan metode membaca pemberian motivasi evaluasi dengan mengikutsertakan peran orangtua dalam membimbing anak belajar membaca dirumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71119

Actions (login required)

View Item View Item