Pengembangan buku panduan dasar pola menjahit desain busana anak untuk meningkatkan keterampilan menjahit siswa tunarungu SMALB Yayasan Putra Pancasila Kedungkandang Malang / Sangadah Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan dasar pola menjahit desain busana anak untuk meningkatkan keterampilan menjahit siswa tunarungu SMALB Yayasan Putra Pancasila Kedungkandang Malang / Sangadah Rahmawati

Rahmawati, Sangadah (2019) Pengembangan buku panduan dasar pola menjahit desain busana anak untuk meningkatkan keterampilan menjahit siswa tunarungu SMALB Yayasan Putra Pancasila Kedungkandang Malang / Sangadah Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Sangadah. 2017. Pengembangan Buku Panduan Dasar Pola Menjahit Desain Busana Anak Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menjahit Siswa Tunarungu SMALB Yayasan Putra Pancasila Kedungkandang Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sudarsini M.Pd (II) Eka Pramono Adi S.IP M.Si. Kata kunci Buku Panduan Ketrampilan Menjahit Tunarungu. Anak tunarungu merupakan anak yang mengalami hambatan atau kehilangan kemampuan mendengar yang diakibatkan tidak berfungsinya sebagian atau seluruh alat pendengaran. Agar anak tunarungu mampu mengembangankan potensi dan kreatifitas yang dimiliki secara optimal maka perlu diberikan pembelajaran yang kreatif sebagai bekal masa depan anak tunarungu. Pendidikan menjahit bagi anak tunarungu dapat menjadi bekal untuk membuat lapangan pekerjaan sendiri maupun ketrampilan lebih yang dimiliki anak tunarungu. Dalam pembelajaran keterampilan menjahit ini dibutuhkan suatu modal baik koordinasi mata-tangan dan kecerdasan dan modal itu dimiliki oleh anak tunarungu. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan buku panduan dasar pola menjahit desain busana anak untuk meningkatkan ketrampilan menjahit pada siswa tunarungu. Pengembangan panduan ini mengadaptasikan langkah-langkah model pengembangan Sugiyono (2011) yang terdiri atas 7 tahap meliputi (1) potensi masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk. Subyek uji coba penelitian ini adalah uji ahli media ahli materi praktisi (guru) dan uji lapangan siswa yang terdiri dari 4 siswa tunarungu SMALB Yayasan Putra Pancasila Kedungkandang Malang. Penilaian dari ahli media memperoleh hasil 98% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh hasil 91% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian praktisi (guru) memperoleh hasil 95% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji lapangan diperoleh dari skor hasil belajar siswa dengan rata-rata pre-test 45 dan rata-rata post-test 80. Kesimpulan dari hasil analisis data bahwa Pengembangan buku panduan dasar pola menjahit desain busana anak siswa tunarungu SMALB Yayasan Putra Pancasila Kedungkangadang Malang sangat layak dan tidak perlu direvisi lagi. Saran yang diajukan peneliti adalah pengembagan buku panduan pola dasar menjahit desain busana anak akan mempunyai nilai manfaat apa bila telah dinyatakan layak dalam sebagi sumber pustaka bagi mata bembelajaran ketrampilan menjahit. Selanjutnya buku panduan pola dasar menjahit desain busana anak dapat digunakan sebagai sebagai sumber pustakan dan rujukan dalam melakukan ketrampilan menjahit tahap awal. Sehingga para siswa SMALB juga menggunakan dalam menguji coba isi buku tersebut dalam proses belajar ketrampilan menjahit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71116

Actions (login required)

View Item View Item