Pengembangan media game "My Body" untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa tunagrahita ringan kelas 1 di SLB Negeri Panggungsari Trenggalek / Ganjar Gayuh Janata

Janata, Ganjar Gayuh (2019) Pengembangan media game "My Body" untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa tunagrahita ringan kelas 1 di SLB Negeri Panggungsari Trenggalek / Ganjar Gayuh Janata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Janata, Ganjar Gayuh. 2019. Pengembangan Media Game “My Body”untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas I di SLB Negeri Panggungsari Trenggalek. Kata Kunci: tunagrahita, hasilbelajar, game Pembelajaran Bahasa Indonesia yang baik memerlukan media yang menarik baik dari isi materi maupun dari segi penyampaian. Media pembelajaran yang kurang menarik menjadikan siswa cepat bosan dan jenuh ketika mendapatkan pelajaran, dan kesulitan dalam memahami hal-hal yang bersifat abstrak dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Terutama topik tentang bagian-bagian tubuhAgar pembelajaran tersebut efektif, maka diperlukan alat bantu untuk memvisualisasikan materi bagian-bagian tubuh dan cara merawatnya. Salah satu alat bantu yang dapat memvisualisasikan materi tersebut adalah multimedia, karena multimedia mempunyai banyak kelebihan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa tunagrahita ringan kelas I SLB Negeri Panggungsari Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall (1989) yang awalnya 10 tahap disederhanakan menjadi 5 tahap yaitu, (1) Melakukan penelitianpendahuluan, (2) Mengembangkan produk awal, (3) Melakukan validasiproduk (4) Melakukan uji coba (5) Membuat produkakhir. Uji Kelayakan Produk Kamus elektronik Audio Visual SIBI terdiri dari validasi media, validasi materi dan Uji empirik. Uji Empirik dilaksanakan di SLB Negeri Panggungsari Trenggalek pada siswa kelas 1 tunagrahita sebanyak 10 siswa. Produk aplikasi game “My Body” yang telah deprogram dengan software flash player yang berisi 48 pertanyan dibuat berdasarkan kurikulum SDLB-C Kelas 1 semester 1 tema diriku sub tema tubuhku. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain sebagai berikut. (1) Penelitian ini telah berhasil mengembangkanaplikasi game “My Body” untuk pembelajrn bahasa Indonesia siswa tunagrahita ringan.(2) Aplikasi game “My Body” telah memenuhi standar kelayakan melalui uji ahli media, uji ahli materi dan uji empirik. Dari hasil temuan penelitian tersebut dapat direkomendasikan bahwa produk media game “Its Me” perlu ditindaklanjuti dan dikembangkan sebagai media yang layak dalam meningkatkan hasil belajar tunagrahita ringan mengenal bagian-bagian tubuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71114

Actions (login required)

View Item View Item