Pengembangan flash card berteknologi augmented reality animasi pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP / Haidar Ahmad Furqoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan flash card berteknologi augmented reality animasi pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP / Haidar Ahmad Furqoni

Furqoni, Haidar Ahmad (2017) Pengembangan flash card berteknologi augmented reality animasi pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP / Haidar Ahmad Furqoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ahmad Furqoni Haidar. 2017. Pengembangan Flash Card Berteknologi Augmented Reality Animasi pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP. Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto S.T. M.T. Kata kunci Pengembangan Flash Card Augmented Reality Animasi Sistem Pencernaan Manusia Sekolah Menengah Pertama Media pembelajaran merupakan suatu media atau alat perantara komunikasi yang dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Materi sistem pencernaan manusia merupakan salah satu materi yang terdapat pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) kelas VIII SMP. Dalam pengajaran materi tersebut guru masih menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan media yang efektif sehingga mayoritas siswa kurang dapat memahami materi yang diajarkan. Maka untuk mempermudah siswa dalam memvisualkan atau memahami materi yang diajarkan guru di dalam kelas dibutuhkan sebuah media pembelajaran yaitu media flash card yang dilengkapi dengan teknologi augmented reality animasi. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk flash card berteknologi augmented reality animasi pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP yang valid dan efektif sehingga layak digunakan untuk siswa kelas VIII di SMP IT Al Ikhlas Mantren Magetan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model pengembangan William W. Lee dan Diana L. Owens (2004). Dalam model tersebut terdapat tahap tahap yang sudah cukup lengkap. Tahap pengembangan adalah mulai dari (1) Tahap analisis (Tahap analisis kebutuhan Tahap analisis awal dan akhir) (2) Tahap desain (3) Tahap pengembangan. Dan subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Al Ikhlas Mantren Magetan pada Tahun Ajaran 2016/ 2017. Hasil pengembangan media ini telah diujicobakan memperoleh hasil yang dinyatakan valid dan efektif hasil persentasenya adalah sebagai berikut validasi dari ahli media 95 83% validasi dari ahli materi 97 00% hasil uji coba kelompok kecil 85 2% hasil uji coba kelompok besar 84 07% sedangkan pada tes hasil belajar memperoleh 85% atau 17 dari 20 siswa telah mencapai KKM. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan terdapat beberapa saran pada media dari audien (siswa) yaitu dalam penyampaian atau penjelasan materi oleh narator pada animasi untuk diperjelas dan jangan terlalu cepat sehingga mudah didengar siswa. Saran tersebut telah dilakukan pengembang untuk merevisi produk dengan cara memproduksi ulang terutama pada bagian audio narator dan pergerakan animasi. Disarankan bagi pengembang selanjutnya dalam mengembangkan produk agar lebih memperhatikan dalam hal kejelasan dan kecepatan penyampaian materi oleh suara narator pada animasi. Agar siswa dapat menyimak dan memahami animasi materi dengan lebih mudah dan jelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item View Item