Pengaruh metode finger painting terhadap kemampuan motorik halus anak down syndrome kelas II di SDLB Sumberdharma Kota Malang / Meitha Atika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode finger painting terhadap kemampuan motorik halus anak down syndrome kelas II di SDLB Sumberdharma Kota Malang / Meitha Atika Sari

Sari, Meitha Atika (2019) Pengaruh metode finger painting terhadap kemampuan motorik halus anak down syndrome kelas II di SDLB Sumberdharma Kota Malang / Meitha Atika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Meitha Atika. 2019. Pengaruh Metode Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Down Syndrome Kelas II SDLB Sumber Dharma Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Sudarsini M.Pd (II) Dr. Asep Sunandar S.Pd M.AP Kata Kunci Metode Finger Painting Kemampuan Motorik Halus Down Syndrome Down Syndrome memiliki keterbatasan dalam fungsi intelektual. Selain dalam fungsi intelektual Down Syndrome juga memiliki keterbatasan dalam perkembangan motorik. Terutama pada motorik halus. Kelemahan otot-otot jari tangan menyebabkan pembelajaran terganggu. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan suatu perlakuan yang dapat menunjang siswa untuk meningkatkan kemampuan motorik halusnya. Perlakuan tersebut berupa kegiatan finger painting. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kemampuan motorik halus siswa Down Syndrome berdasarkan asesmen 2) mendeskripsikan kemampuan motorik halus siswa Down Syndrome pada kondisi baseline-1 (sebelum intervensi) 3) mendeskripsikan kemampuan motorik halus siswa Down Syndrome setelah diberikan intervensi dan 4) mendeskripsikan pengaruh metode finger painting terhadap kemampuan motorik halus siswa Down Syndrome kelas II SDLB Sumber Dharma Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan Single Subject Research (SSR) desain A-B-A. Subyek penelitian ini adalah satu siswa Down Syndrome yang berusia 12 tahun kelas II di SDLB Sumber Dharma Kota Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan mean level yang meningkat dari baseline-1 sebesar 50.00 sedangkan intervensi sebesar 71.04 dan baseline-2 sebesar 65.56. Persentase overlap antara kondisi baseline-1 ke intervensi sebesar 0%. Perhitungan tersebut menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode finger painting sebagai bentuk intervensi terhadap peningkatan kemampuan motorik halus sebagai target behavior. Adapun saran bagi guru dari penelitian ini adalah guru dapat memberi waktu tambahan untuk kegiatan mengembangkan kemampuan motorik halus siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71099

Actions (login required)

View Item View Item