Analisis penyelesaian soal cerita matematika pada siswa tunagrahita kelas IX-C di SMPLB Negeri Kota Malang / Asmaul Khusna

Khusnah, Asmaul (2019) Analisis penyelesaian soal cerita matematika pada siswa tunagrahita kelas IX-C di SMPLB Negeri Kota Malang / Asmaul Khusna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khusna, Asmaul (2019). Analisis Penyelesaian Soal Cerita Matematika Pada Siswa Tunagrahita Kelas IX-C di SMPLB Negeri Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing 1: Drs. Ir Endro Wahyuno, M. Si, Pembimbing 2: Eka Pramono Adi, S.IP. M.Si Kata Kunci : Tunagrahita, Penyelesaian Matematis, soal cerita Anak Berkebutuhan khusus sebagai subsitem dalam pembangunan nasional perlu mendapatkan kesempatan yang sama untuk turut serta dalam pembangunan bangsa ini. Oleh karena itu, Peran pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia ini sangat penting. Oleh karena itu, pemerintah berupaya dengan membuat program-program yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang cerdas dan berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penyelesaian soal cerita matematika pada siswa tunagrahita di kelas IX-C. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses penyelesaian siswa tunagrahita dalam menyelesaikan soal cerita matematika .Istrumen yang digunakan terdiri dari tes,pedoman observasi dan pedoman wawancara. Dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian di kelas IX-C. Subjek dalam penelitian adalah 2 siswa. 1 laki-laki dan 1 perempuan.Indikator penyelesaian soal cerita matematis yang digunakan yaitu kemampuan 1) menentukan hal yang diketahui 2) menentukan hal yang ditanya, 3) membuat model matematika, 4) melakukan perhitungan, 5) menentukan jawaban akhir sesuai dengan perintah soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyelesaian soal cerita matematika pada siswa DN lebih bisa menyelesaikan soal cerita secara keseluruhan meskipun ada jawaban yang tidak sesuai, sedangkan untuk siswa AL masih banyak kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita. Saran untuk guru,diharapkan selalu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan benar, jika siswa tidak bisa menyelesaikan soal cerita guru bisa memberikan bantuan agar siswa bisa menyelesaikan dengan benar dan tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71094

Actions (login required)

View Item View Item