Pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap teknik dasar bulutangkis pada siswa tunarungu kelas XI di SMALB-2 Kedungkandang Kota Malang / Vieka Irawati

Irawati, Vieka (2019) Pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap teknik dasar bulutangkis pada siswa tunarungu kelas XI di SMALB-2 Kedungkandang Kota Malang / Vieka Irawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irawati, Vieka. 2019. Pengaruh Pengunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Teknik Dasar Bulutangkis Pada Siswa Tunarungu Kelas XI di SMALB YP- 2 Kedungkandang Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Huda, M.Pd (2) Dr. Asep Sunandar, S.Pd, M.AP. Kata Kunci: tunarungu, video pembelajaran, teknik dasar bulangkis Hambatan mendengar yang dimiliki anak tunarungu, menyebabkan mereka memiliki keterbatasan dalam memahami ucapan orang lain. Begitu juga dalam proses pembelajaran, anak tunarungu terkadang mengalami keterbatasan memahami materi yang disampaikan guru. Pendidikan jasmani bagi anak tunarungu khususnya olahraga bulutangkis, memerlukan keterampilan guru untuk berkomunikasi kepada anak, agar materi tentang teknik dasar bulutangkis dapat tersampaikan kepada anak tunarungu maka dapat menggunakan media video sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan teknik dasar bulutangkis sebelum dan (2) sesudah diberikan media pembelajaran video, serta (3) pengaruh media pembelajaran video terhadap teknik dasar bulutangkis anak tunarungu kelas XI SMALB YP-2 Kedungkandang Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen menggunakan one grup- pretest-posttest. subjek penelian menggunakan 7 siswa tunarungu kelas XI SMALB YP-2 Kedungkandang Kota Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kinerja/praktik. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian sebelum menggunakan media video pembelajaran, kemampuan teknik dasar bulutangkis peserta didik dengan hasil rata-rata pre-test sebesar 48. Setelah memanfaatkan media video pembelajaran, terjadi peningkatan kemampuan teknik dasar bulutangkis sebesar 69. Saran untuk guru, diharapkan dapat mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki tunarungu dengan cara mengoptimalkan indra yang lain yang masih berfungsi. Cara pengoptimalan dapat dilakukan dengan memfasilitasi pembelajaran dengan media ataupun metode yang menarik. Saran untuk peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian lanjutan yang membahas teknik dasar bulutangkis tunarungu melalui pemanfaatan media pembelajaran video.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71093

Actions (login required)

View Item View Item