Pengembangan media papan kartu terhadap kemampuan menulis kalimat sesuai dengan SPOK siswa tunarungu di SMPLB BC Kepanjen Kabupaten Malang / Aprilia Ema Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media papan kartu terhadap kemampuan menulis kalimat sesuai dengan SPOK siswa tunarungu di SMPLB BC Kepanjen Kabupaten Malang / Aprilia Ema Wardhani

Wardhani, Aprilia Ema (2019) Pengembangan media papan kartu terhadap kemampuan menulis kalimat sesuai dengan SPOK siswa tunarungu di SMPLB BC Kepanjen Kabupaten Malang / Aprilia Ema Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardhani Aprilia Ema. 2019. Pengembangan Media Papan Kartu Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat sesuai SPOK Siswa Tunarungu di SMPLB BC Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd (II) Drs. Usep Kuatiawan M.Sn. Kata kunci media papan kartu menulis kalimat tunarungu. Hambatan pendengaran yang dialami anak tunarungu menyebabakan anak mengalami kendala ketika menerima dan menyampaikan informasi secara benar dan berurutan. Di SMPLB BC Kepanjen anak tunarungu mengalami kendala dalam menyampaikan informasi dalam tulisan secara benar sehingga anak tunarungu belum bisa menulis kalimat efektif secara benar. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran papan kartu yang dapat membantu anak tunarungu dalam pembelajaran menulis kalimat. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Sugiyono (2017). Jenis data pada pengembangan berupa kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pengembangan ini menggunakan instrumen yang ditujukan kepada ahli materi ahli media dan praktisi yang berupa angket untuk mengetahui kelayakan media yang akan dikembangkan. Analisis data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan teknik Arikunto (2006). Hasil penelitian pengembangan menunjukkan ahli materi hasil 95% ahli media 97 5% dan praktisi 82 5%. Hasil tersebut dapat diinterpretasikan pengembangan media papan kartu dengan kriteria layak dan valid digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil dari penelitian pengembangan diharapkan mampu memberikan masukan kepada (1) guru untuk menggunakan media secara maksimal dalam pembelajaran (2) siswa untuk menggunakan media papan kartu dalam pembelajaran secara aktif dan (3) untuk dapat mengembangkan serupa dengan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71092

Actions (login required)

View Item View Item