Pengembangan media kotak kartu dalam meningkatkan kemampuan membilang angka 1 sampai 10 pada siswa tunagrahita kelas I di SDLB Kanigoro Kras Kediri / Basmallah Awaldi

Awaldi, Basmallah (2019) Pengembangan media kotak kartu dalam meningkatkan kemampuan membilang angka 1 sampai 10 pada siswa tunagrahita kelas I di SDLB Kanigoro Kras Kediri / Basmallah Awaldi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Awaldi, Basmallah. 2019. Pengembangan Media Kotak KartuDalamMeningkatkanKemampuanMembilangAngka 1 sampai 10 Pada SiswaTunagrahita Kelas I di SDLB KanigoroKras Kediri. Skripsi, Jurusan Pendidikan LuarBiasa, FakultasIlmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Abdul Huda, M.Pd (2) Drs.UsepKustiawan, M.Sn. Kata kunci :TunagrahitaRingan, KemampuanMembilangAngka, Kotak Kartu Matematikamerupakanhal yang sangat di butuhkan oleh seseorang, karenadalamkehidupanmatematikamerupakanpemecahpermasalahansehari-hari. kemampuanmembilangangka pada anaktunagrahitasangatrendah, sehingadalamkehidupansehari-harimemerlukanbantuan orang lain untukmemecahkanpermasalahanyasendiri. Berdasakananalisis yang di peroleh, penelititerdoronguntukmengembangkan media yang dapatmemudahkanpemahamantentangangka. Untukitupenelitimengambil media kartusebagaibahanpengembangankarenakartumerupakanalatperaga yang dapatmeresponanakaktifdalampembelajaran. Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanprodukberupa media kotakkartuuntukmembantu proses pembelajaranmembilangangka 1 sampai 10 pada siswatunagrahita SDLB KanigoroKras Kediri Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianpengembangandengan model Brog& gall, dalampengembanganinimengambil 7 langkahsesuaikebutuhanpenelitiyaitu 1) penelitian dan pengumpulan data 2) perencanaan 3) pengembanganproduk 4) validasiproduk 5) revisiproduk 6) uji cobalapangan 7) revisiprodukakhir. Subjek uji cobapenelitianiniterdiridariahli media, ahlimateri, ahlipembelajaran ABK dan 5 siswa SDLB KanigoroKras Kediri Hasil pengembanganmenunjukanbahwa media kotakkartulayak dan efektif di terapkan pada siswatunagrahita SDLB KanigoroKras Kediri, denganperolehan data sebagaiberikut: validasiahli media 95% (sangatlayak/sangat valid), validasiahlimateri 92,5% (sangatlayak/sangat valid) validasipembelajaran ABK 95% (sangatlayak/sangat valid), hasil rata-rata uji cobapre-test67,7 rata-rata post-test90,5. Hasil pengembangan media kotakkartuinimenunjukanbahwaprodukkotakkartu yang di kembangkanterbuktilayak dan efektifdigunakandalammembilangangkasiswatunagrahita Kesimpulan daripenelitianpengembanganiniadalah (1) berdasarkanhasil dan evaluasi para ahlimenunjukanbahwaprodukPengembangan Media Kotak KartuDalamMeningkatkanKemampuanMembilangangka 1 sampai 10 Siswa Pada Tunagrahitakelas I Di SLB KanigoroKras Kediri dapatdikatakan media kotakkartumemilikikemenarikan dan kemudahandalampengunaanya, (2) berdasarkanhasilevaluasi uji produkPengembangan Media Kotak KartuDalamMeningkatkanKemampuanMembilangAngka 1sampai 10 Pada SiswaTunagrahita Kelas I Di SDLB kanigoroKras Kediri dinyatakan media kotakkartudapatmeningkatkankemampuanmembilangangka, (3) bagipenlitiselanjutnyadisarankandalampengembangselanjutnyauntukpemilihanmateri di sesuaikandengankebutuhan di dalamkelastersebut, dengantujuanuntukmempermudahpencapaiantujuanpembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71091

Actions (login required)

View Item View Item