Pengembangan media kotak kartu dalam meningkatkan kemampuan membilang angka 1 sampai 10 pada siswa tunagrahita kelas I di SDLB Kanigoro Kras Kediri / Basmallah Awaldi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media kotak kartu dalam meningkatkan kemampuan membilang angka 1 sampai 10 pada siswa tunagrahita kelas I di SDLB Kanigoro Kras Kediri / Basmallah Awaldi

Awaldi, Basmallah (2019) Pengembangan media kotak kartu dalam meningkatkan kemampuan membilang angka 1 sampai 10 pada siswa tunagrahita kelas I di SDLB Kanigoro Kras Kediri / Basmallah Awaldi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Awaldi Basmallah. 2019. Pengembangan Media Kotak KartuDalamMeningkatkanKemampuanMembilangAngka 1 sampai 10 Pada SiswaTunagrahita Kelas I di SDLB KanigoroKras Kediri. Skripsi Jurusan Pendidikan LuarBiasa FakultasIlmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (2) Drs.UsepKustiawan M.Sn. Kata kunci TunagrahitaRingan KemampuanMembilangAngka Kotak Kartu Matematikamerupakanhal yang sangat di butuhkan oleh seseorang karenadalamkehidupanmatematikamerupakanpemecahpermasalahansehari-hari. kemampuanmembilangangka pada anaktunagrahitasangatrendah sehingadalamkehidupansehari-harimemerlukanbantuan orang lain untukmemecahkanpermasalahanyasendiri. Berdasakananalisis yang di peroleh penelititerdoronguntukmengembangkan media yang dapatmemudahkanpemahamantentangangka. Untukitupenelitimengambil media kartusebagaibahanpengembangankarenakartumerupakanalatperaga yang dapatmeresponanakaktifdalampembelajaran. Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanprodukberupa media kotakkartuuntukmembantu proses pembelajaranmembilangangka 1 sampai 10 pada siswatunagrahita SDLB KanigoroKras Kediri Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianpengembangandengan model Brog gall dalampengembanganinimengambil 7 langkahsesuaikebutuhanpenelitiyaitu 1) penelitian dan pengumpulan data 2) perencanaan 3) pengembanganproduk 4) validasiproduk 5) revisiproduk 6) uji cobalapangan 7) revisiprodukakhir. Subjek uji cobapenelitianiniterdiridariahli media ahlimateri ahlipembelajaran ABK dan 5 siswa SDLB KanigoroKras Kediri Hasil pengembanganmenunjukanbahwa media kotakkartulayak dan efektif di terapkan pada siswatunagrahita SDLB KanigoroKras Kediri denganperolehan data sebagaiberikut validasiahli media 95% (sangatlayak/sangat valid) validasiahlimateri 92 5% (sangatlayak/sangat valid) validasipembelajaran ABK 95% (sangatlayak/sangat valid) hasil rata-rata uji cobapre-test67 7 rata-rata post-test90 5. Hasil pengembangan media kotakkartuinimenunjukanbahwaprodukkotakkartu yang di kembangkanterbuktilayak dan efektifdigunakandalammembilangangkasiswatunagrahita Kesimpulan daripenelitianpengembanganiniadalah (1) berdasarkanhasil dan evaluasi para ahlimenunjukanbahwaprodukPengembangan Media Kotak KartuDalamMeningkatkanKemampuanMembilangangka 1 sampai 10 Siswa Pada Tunagrahitakelas I Di SLB KanigoroKras Kediri dapatdikatakan media kotakkartumemilikikemenarikan dan kemudahandalampengunaanya (2) berdasarkanhasilevaluasi uji produkPengembangan Media Kotak KartuDalamMeningkatkanKemampuanMembilangAngka 1sampai 10 Pada SiswaTunagrahita Kelas I Di SDLB kanigoroKras Kediri dinyatakan media kotakkartudapatmeningkatkankemampuanmembilangangka (3) bagipenlitiselanjutnyadisarankandalampengembangselanjutnyauntukpemilihanmateri di sesuaikandengankebutuhan di dalamkelastersebut dengantujuanuntukmempermudahpencapaiantujuanpembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71091

Actions (login required)

View Item View Item