Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran gerakan dasar pramuka bagi siswa penggalang tunarungu di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Lawang / Adjeng Ria Da Costa

Da Costa, Adjeng Ria (2019) Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran gerakan dasar pramuka bagi siswa penggalang tunarungu di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Lawang / Adjeng Ria Da Costa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Costa, Adjeng Ria Da. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Gerakan Dasar Pramuka Bagi Siswa Penggalang Tunarungu di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Abdul Huda, M.Pd. (2) dr.Agung Kurniawan, M.Kes. Kata kunci : multimedia interaktif, gerakan dasar, baris-berbaris, pramuka penggalang, tunarungu Tunarungu merupakan keadaan seseorang dengan seseorang yang mengalami kekurangan atau kehilangan kemampuan mendengar. Pada anak tunarungu hilangnya kemampuan mendengar dapat mempengaruhi kemampuan manipulasi terhadap gerak.Untuk itu perlunya melatih keterampilan gerakan dasar melalui kegiatan kepramukaan baris-berbaris. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk multimedia interaktif berupa “BEGESARKA” (Belajar Gerakan Dasar Pramuka” yang dapat melatih daya konsentrasi, keterampilan dan kekompakan bagi siswa pramuka penggalang tunarungu di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang yang layak dan efektif digunakan dalam kegiatan kepramukaan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Reseach and Development (R&D) milik Borg dan Gall. Subjek validasi produk terdiri dari validator ahli media, validator ahli pembelajaran ABK dan validator ahli praktisi. Subjek uji coba dilakukan kepada 7 siswa penggalang tunarungu di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Hasil pengembangan menunjukkan kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif. Hasil validasi dari 3 ahli, yaitu hasil yang diperoleh dari ahli media 97,82%, ahli pembelajaran ABK memperoleh 86,95% dan ahli praktisi 88,88%. Hasil uji coba menunjukkan bahwa BEGESARKA efektif untuk digunakan dalam pembelajaran gerakan dasar pramuka siswa penggalang tunarungu. Uji coba pada siswa diperoleh dengan rata-rata ketuntasan 81,85%. Artinya adalah media pembelajaran berupa multimedia interaktif BEGESARKA sangat layak dan sangat efektif untuk meningkatkan gerakan dasar pramuka siswa penggalang tunarungu di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Disarankan untuk pengembangan selanjutnya untuk melakukan penelitian pada subjek yang lebih luas dan banyak serta menyebarluaskan produk ke berbagai sekolah, lokakarya, seminar serta pameran media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71090

Actions (login required)

View Item View Item