Pengembangan media quiet book untuk meningkatkan keterampilan merawat luka ringan bagi anak tunagrahita ringan di SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang / Gema Siam Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media quiet book untuk meningkatkan keterampilan merawat luka ringan bagi anak tunagrahita ringan di SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang / Gema Siam Sari

Sari, Gema Siam (2019) Pengembangan media quiet book untuk meningkatkan keterampilan merawat luka ringan bagi anak tunagrahita ringan di SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang / Gema Siam Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sari Gema Siam. 2019. Pengembangan Media Quiet Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Merawat Luka Ringan Bagi Anak Tunagrahita di SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn Kata Kunci Media Quiet Book Keterampilan Merawat Luka Ringan Tunagrahita Tunagrahita atau hambatan inteletual merupakan anak yang memiliki kondisi meliputi terganggunya fungsi intelektual dan fungsi adaptif pada ranah konsep sosial dan praktik bina diri yang rendah. Hambatan tersebut menjadikan anak tunagrahita harus memiliki keterampilan bina diri khususnya menolong diri seperti merawat luka ringan agar dapat merawat diri secara mandiri. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang diperoleh informasi bahwa siswa belum memahami merawat luka ringan serta belum adanya media yang dapat menunjang dan menarik untuk melatih keterampilan merawat luka ringan. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat menghasilkan produk berupa media quiet book yang efektif dan layak untuk meningkatkan keterampilan merawat luka ringan bagi anak tunagrahita dengan mengadaptasi metode pengembangan Borg and Gall yang memiliki sepuluh tahap namun dalam penelitian ini hanya mengadaptasi tujuh langkah. Subjek uji coba produk terdiri dari ahli media ahli materi ahli pembelajaran ABK praktisi dan siswa tunagrahita kelas VI sebanyak 3 siswa dibagi menjadi individu 1 siswa dan kelompok 2 siswa. Hasil pengembangan produk media quiet book diperoleh data sebagai berikut (1) validasi ahli media 95% (Valid) (2) validasi ahli materi 75% (cukup valid) (3) validasi ahli pembelajaran ABK 98% (valid) (4) praktisi 86% (valid) (5) uji coba individu dengan pretest 36% dan posttest 96% (uji coba kelompok rata-rata pretest 42% dan posttest 91%. Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk media quiet book layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan merawat luka ringan bagi anak tunagrahita ringan. Media Quiet book adalah media 3 dimensi berupa buku kain yang perpaduan bahan kain katun dan kain flanel terdiri dari halam-halaman yang berisi bermacam-macam kegiatan merawat luka ringan seperti luka lecet luka memar luka sayat dan luka bakar. Selain itu terdapat perkenalan kotak P3K serta profesi pada bidang kesehatan juga kendaraan kesehatan. Saran penggunaan untuk siswa adalah untuk menggunakan media quiet book untuk meningkatan pemahaman mengenai merawat luka ringan untuk guru adalah untuk menyiapkan materi penjelasan awal dan menunjukkan peralatan P3K dengan benda konkrit sebelum menggunakan media quiet book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71088

Actions (login required)

View Item View Item