Pengaruh penggunaan media papan flanel dengan asosiasi angka terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas I tunagrahita di SDLB BC Putra Harapan Kabupaten Malang / Riska Hakiki Lubis

Lubis, Riska Hakiki (2019) Pengaruh penggunaan media papan flanel dengan asosiasi angka terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas I tunagrahita di SDLB BC Putra Harapan Kabupaten Malang / Riska Hakiki Lubis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Lubis, Riska Hakiki. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Dengan Asosiasi Angka Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Tunagrahita DI SDLB BC Putra Harapan Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.Si. (2) Sopingi, S.sos, M.pd Kata Kunci: Media Papan Flanel, Hasil Belajar Matematika, Siswa Tunagrahita Anak tunagrahita dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika memerlukan media pembelajaran yang mampu untuk menstimulus perkembangan kognitif anak. Melalui media papan flanel diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenal angka karena anak akan suka dan senang dalam melakukan kegiatan menempel angka pada papan flanel. Tetapi fakta di lapangan menunjukkan bahwa (1) Guru terkesan monoton dan kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran (2) Guru cenderung menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan (3) Guru kurang dalam penyediaan media. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan: 1) penerapan media papan flanel yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa tunagrahita kelas I SDLB BC Putra Harapan Kabupaten Malang 2)Peningkatan hasil belajar matematika setelah menggunakan papan flanel pada siswa tunagrahita kelas I SDLB BC Putra Harapan Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian SSR (Single Subject Research). SSR (Single Subject Research) adalah penelitian yang menggunakan satu subjek sebagai subjek penelitian , penelitian SSR ini menggunakan desain A-B-A yang terdiri dari baseline-1(A1), Intervensi (B), baseline-2(A2). Penelitian SSR (Single Subject Research) ini dilakukan dalam 16 sesi tindakan. Baseline-1 (A1) terdiri dari 5 sesi, Intervensi (B) ada 6 sesi dan baseline-2 (A2)terdiri dari 5 sesi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) mean pada fase baseline-1 (A1) sebesar 52% 2) Mean fase intervensi (B) mengalami peningkatan sebesar 86,7% 3) Mean fase baseline-2 (A2) mengalami penurunan menjadi 82% 4) Hasil data overlap fase baseline-1 (A1) ke fase baseline-2 (A2) sebesar 0% yang berarti tidak terdapat tumpang tindih data intervensi ke fase baseline sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin kecil nilai persentase overlap maka semakin besar pengaruh intervensi yang terjadi pada subjek Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media papan flanel memberikan pengaruh terhadap proses pembelajaran mengenal angka 1 sampai 10 siswa tunagrahita kelas I SDLB BC Putra Harapan Kabupaten Malang, sehingga saran kepada Kepala Sekolah, guru, dan peneliti selanjutnya untuk menggunakan media papan flanel sebagai salah satu media yang sesuai dalam meningkatkan materi mengenal angka 1 sampai 10.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71071

Actions (login required)

View Item View Item