Safiudin, Nur Afif (2010) Pengembangan media pembelajaran CD interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VII semester I di SMPN 4 Malang / Nur Afif Safiudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Safiudin Nur Afif. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Semester I di SMPN 4 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Joseph Mbulu M. Pd. (II) Drs. H. Zainul Abidin M. Pd. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran CD interaktif IPA Media pembelajaran CD interaktif merupakan perwujudan dari multimedia pembelajaran karena penyampaiannya memadukan unsur audio visual serta interaktifitas sehingga dapat menarik minat pengguna. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 4 Malang penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dalam penyampaian materi pelajaran khususnya Ilmu Pengetahuan Alam masih kurang. Hal ini dibuktikan dengan hanya adanya buku teks atau LKS sebagai penunjang siswa dalam memahami materi. Karena itu pengembang membuat alternatif pilihan media pembelajaran melalui pengembangan media pembelajaran CD interaktif. Media ini di desain menarik yang bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran dan meningkatkan efektifitas pembelajaran. Pengembangan media ini berisikan materi pelajaran IPA pokok bahasan besaran dan pengukuran. Tujuan pengembangan media pembelajaran CD interaktif ini adalah menghasilkan sebuah CD sebagai salah satu alternatif media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VII SMP yang efektif dalam pembelajaran. Karakteristik dari media pembelajaran CD interaktif ini adalah terdapat komunikasi yang interaktif antara pengguna dengan media sehingga akan mendorong tingkat keaktifan siswa dalam belajar. Subyek uji coba dalam pengembangan ini adalah siswa kelas VII semester I Tahun 2009 di SMP Negeri 4 Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen angket ahli media ahli materi dan siswa. Untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan evaluasi dalam bentuk tes yaitu pre-test dan post-test. Hasil pengembangan media pembelajaran CD interaktif ini memenuhi kriteria valid/layak yakni ahli media 90% ahli materi 80% audiens perseorangan 84 2% dan audiens lapangan 84 6%. Sedangkan untuk hasil belajar pada uji coba lapangan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran CD interaktif ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah siswa yang memenuhi SKM dari 41 2% sebelum penggunaan media pembelajaran CD interaktif menjadi 79 4% setelah penggunaan media pembelajaran CD interaktif sehingga media pembelajaran CD interaktif ini bisa dikatakan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang diajukan kepada pengembang selanjutnya adalah hendaknya hasil produk media pembelajaran CD interaktif ini ditindak lanjuti dengan menambahkan materi yang ada di dalam media pembelajaran CD interaktif sehingga dapat memberikan kontribusi yang berarti terhadap pembelajaran yang sedang berjalan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/71 |
Actions (login required)
View Item |