Pengaruh penggunaan media gambar seri berbasis komputer terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi pada peserta didik tunagrahita kelas VII SMPLB Negeri Tuban / Fenty Ayu Prastikawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media gambar seri berbasis komputer terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi pada peserta didik tunagrahita kelas VII SMPLB Negeri Tuban / Fenty Ayu Prastikawati

Prastikawati, Fenty Ayu (2016) Pengaruh penggunaan media gambar seri berbasis komputer terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi pada peserta didik tunagrahita kelas VII SMPLB Negeri Tuban / Fenty Ayu Prastikawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prastikawati F.A. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Berbasis Komputer Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Peserta Didik Tunagrahita Kelas VII SMPLB Negeri Tuban . Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. Efendi M.Pd. M.Kes. (II) Drs. Abdul Huda M. Pd. Kata Kunci Media gambar seri berbasis komputer karangan deskripsi peserta didik tunagrahita Peserta didik tunagrahita mempunyai banyak permasalahan khusunya permasalahan dalam belajarnya. Salah satu permasalahan belajar yang dialami peserta didik tunagrahita adalah menulis karangan deskripsi. Hal ini sesuai dengan hasil observasi di kelas VII SMPLB Negeri Tuban yang menyatakan bahwa semua peserta didik tunagrahita mengalami kesulitan dalam pembelajaran menulis karangan. Cara meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi bagi peserta didik tunagrahita adalah dengan penggunaan media gambar seri berbasis komputer yang membuat anak tertarik dan aktif dalam pembelajaran serta mudah memahami pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan menulis karangan deskripsi sebelum dan sesudah menggunakan media gambar seri berbasis komputer pada peserta didik tunagrahita serta mendeskripsikan pengaruh penggunaan media tersebut terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi pada peserta didik tunagrahita kelas VII SMPLB Negeri Tuban. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Dengan desain eksperimen quasi experimental design. Pola yang digunakan adalah times series design. Pengambilan data dilakukan dengan tes tulis melalui pre test dan post test. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data non parametik. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang peserta didik kelas VII SMPLB Negeri Tuban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar menulis karangan deskripsi peserta didik tunagrahita sebelum menggunakan gambar seri berbasis komputer masih cenderung rendah (2) hasil belajar menulis karangan deskripsi peserta didik tunagrahita setelah menggunakan gambar seri berbasis komputer menunjukkan terjadinya peningkatan (3) ada pengaruh penggunaan media gambar seri berbasis komputer dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik tunagrahita. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan statistic non parametric rumus sign test yang hasilnya diperoleh ZH Z yaitu 2 9 1 96 atau Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian diatas saran yang diajukan adalah sebagai berikut (1) kepala sekolah disarankan untuk membantu pelaksanaan kelancaran kegiatan belajar mengajar dalam kelas melalui sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh peserta didik (2) guru diharapkan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan efektif demi tercapainya tujuan pembelajaran (3) para peneliti selanjutnya hendaknya dapat dipakai sebagai tambahan pengetahuan dengan subtema yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70876

Actions (login required)

View Item View Item