Aprianto, Agung (2017) Pengaruh pemanfaatan mobile learning materi penulisan karya tulis ilmiah terhadap hasil belajar peserta diklat di Balai Diklat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Singosari Malang / Agung Aprianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aprianto Agung. 2017. Pengaruh Penerapan Mobile Learning pada Materi Penulisan Karya Tulis Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Peserta Diklat di Balai Diklat BKKBN Singosari Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Sulthoni M.Pd.(II) Dr. Agus Wedi M.Pd Kata kunci Pengaruh Mobile Learning Hasil Belajar. Penulisan karya tulis ilmiah merupakan suatu kebutuhan atau tuntutan dalam pengembangan karier dikalangan pejabat fungsional. Materi penulisan karya tulis ilmiah merupakan salah satu materi yang disampaikan pada peserta diklat di Balai Diklat BKKBN Singosari Malang. Materi ini masih dianggap sulit oleh sebagian peserta diklat. Berdasarkan tersebut peneliti mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi peserta diklat dikelas yaitu penyajian materi diklat terlalu verbal sehingga mengurangi motivasi dan minat belajar peserta diklat kurangnya kemampan peserta diklat untuk berinteraksi dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya serta terbatasnya waktu ruang dan daya indera baik peserta diklat maupun pemateri. Dengan diterapkannya Mobile Learning yang menggunakan media Mobile atau Smartphone berbasis Android pada materi ini maka prose pembelajaran Tidak hanya efektif namun media tersebut mudah dibawa kemanapun peserta diklat ingin belajar tanpa terbatas ruang dan waktu sehingga dapat memberi manfaat bagi pemateri dan peserta diklat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan Mobile Learning terhadapa hasil belajar peserta diklat BKKBN Singosari Malang. Terdapat dua hipotesis dari penelitian ini yaitu 1) Hipotesis nol Tidak ada pengaruh yang siginifikan pada penerapan Mobile Learning terhadapa hasil belajar peserta diklat BKKBN Singosari Malang. 2) Hipotesis satu Ada pengaruh yang signifikan pada penerapan Mobile Learning terhadapa hasil belajar peserta diklat BKKBN Singosari Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. rancangan eksperimen digunakan untuk mengungkap ada atau tidaknya pengaruh dari variabel-variabel yang telah dipilih untuk dijadikan penelitian. Untuk pelaksanaannya menggunakan desain pretest-posttest control group design merupakan desain yang membandingkan tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil uji t terhadap gainscore diperoleh nilai t hitung 2 058 dan t tabel 2 002 dapat disimpulkan bahwa t hitung 2 058 t tabel 2 002 dan nilai signifikan 0 044 0 05 pada taraf signifikansi 5% dengan demikian dapat disimpulkan H0 ditolak dan menerima H1. Hal ini brarti ada pengaruh penerapan Mobile learning terhadap hasil belajar peserta diklat di Balai Diklat BKKBN Singosari Malang Berdasarkan analisis data dan pembahasan pada penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Mobile Learning lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar peserta diklat di BKKBN Singosari Malang. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 01:52 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/708 |
Actions (login required)
View Item |