Penggunaan media benda asli untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Tawangrejo 02 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Ika Sukma Prihatiningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media benda asli untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Tawangrejo 02 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Ika Sukma Prihatiningrum

Ika Sukma (2010) Penggunaan media benda asli untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Tawangrejo 02 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Ika Sukma Prihatiningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberadaan media dalam pembelajaran sedikit banyak akan menentukan keberhasilan pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilaksanakan di kelas IV SDN Tawangrejo 02 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan terdapat keengganan guru untuk menyediakan media dalam menyajikan materi IPA. Akibatnya hasil belajar IPA baik dari segi proses maupun produk masih rendah. Dari 28 orang siswa yang mengikuti pembelajaran 11 siswa tuntas belajar dan 17 siswa belum tuntas belajar. Ini berarti ketuntasan hasil belajar kelas belum tercapai karena hanya 40% siswa yang telah tuntas belajar. Oleh karena itu dalam penelitian ini dipilih media benda asli untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di kelas IV SDN Tawangrejo 02. Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan pembelajaran IPA di kelas IV SDN Tawangrejo 02 mendiskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Tawangrejo 02 dan untuk mendiskripsikan tanggapan siswa kelas IV SDN Tawangrejo 02 berkaitan dengan penggunaan media benda asli dalam pembelajaran IPA Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Data yang diperoleh merupakan jenis data kualitatif berupa data verbal. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bentuk kolaboratif partisipatoris. Penelitian dilakukan dalam dua siklus model spiral yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi observasi/pengamatan tes dan angket menggunakan instrumen APKG 1 APKG 2 soal tes lembar pengamatan serta angket. Analisis data dilakukan sebelum selama dan setelah penelitian dengan teknik triangulasi. Pembelajaran IPA materi batang dan daun yang dilaksanakan di SDN Tawangrejo 02 yang dilaksanakan menggunakan media benda asli dapat mengubah cara belajar siswa. Pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru tetapi bersifat student centre. Hasil belajar siswa kelas IV SDN Tawangrejo 02 dalam pembelajaran IPA menggunakan media benda asli terus meningkat dari siklus I ke siklus II yang ditunjukkan oleh tercapainya ketuntasan kelas sebesar 86% pada akhir penelitian. Tanggapan siswa terhadap penggunaan media benda asli dalam dalam pembelajaran IPA bersifat positif. Rata-rata siswa menyatakan senang dengan pembelajaran yang dilaksanakan dan lebih paham dengan materi karena adanya benda asli. Peningkatan hasil belajar IPA yang telah dicapai siswa seharusnya dapat dipertahankan dengan upaya guru untuk mau menjadi fasilitator yang baik dalam pembelajaran dengan cara menyediakan media pembelajaran yang tepat dan memilih metode serta pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran IPA yang akan disajikan serta senantiasa menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7077

Actions (login required)

View Item View Item