Profil Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Khofifa Najma Iftitah - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Khofifa Najma Iftitah

Iftitah, Khofifa Najma (2017) Profil Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Khofifa Najma Iftitah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Iftitah Khofifa Najma. 2017. Profil Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng (II) Dr. Agus Wedi M.Pd Kata Kunci Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru IPA Sekolah Menengah Pertama (SMP) Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) di dalam bidang penelitian pendidikan sebagai kerangka teoritis untuk memahami pengetahuan yang dibutuhkan oleh guru dalam mengintegrasikan tiga domain pengetahuan yaitu teknologi pedagogi dan konten (Mishra Koehler 2006 1028). Pada TPACK terdapat 3 pengetahuan utama atau fondasi dari TPACK itu sendiri yaitu Technology Knowledge Pedagogy Knowledge dan Contect Knowledge. Yang nantinya akan membentuk irisan irisan yang saling terhubung yaitu Pedagogical Content Knowledge Technological Content Knowledge Technological Pedagogical Knowledge dan Technological Pedagogical Content Knowledge. Pada Struktur kurikulum 2013 yang juga berlaku untuk pendidikan jenjang SMP menurut Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah Prinsip-prinsip pembelajaran yang digunakan yaitu Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah profil Guru IPA dalam Technological Knowledge (TK) Content Knowlegde (CK) Pedagogical Knowledge (PK) Pedagogical Content Knowledge (PCK) Technological Content Knowledge (TCK) Technological Pedagogical Knowledge (TPK) Profil guru dalam mengintegrasikan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi Sumber data primer berupa kata-kata diperoleh dari Wawancara dan observasi Guru IPA di SMP X. Sumber data sekunder diperoleh dari wawancara Siswa yang menempuh mata pelajaran IPA Wakil kepala sekolah bagian kurikulum wakil kepala sekolah bagian humas sarana prasarana dan juga kegiatan dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber triangulasi teknik dan data member check. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa Profil Guru IPA Pada Technological Knowledge (TK) di SMP X Guru IPA memiliki pengetahuan terhadap Teknologi sederhana perangkat lunak komputer penggunaan internet namun belum sepenuhnya menguasai pengetahuan tentang perangkat keras dan Guru IPA di SMP X (yang bergender laki-laki ) lebih memiliki pengetahuan tentang teknologi. Profil Guru IPA Pada Content Knowlegde (CK) di SMP X memiliki pengetahuan dalam menentukan urutan konsep IPA dalam pembelajaran memetakan materi pembelajaran IPA dengan standar kurikulum perkembangan materi IPA Pengelolaan Laboratorium IPA. Profil Guru IPA Pada Pedagogical Knowledge (PK) di SMP X memiliki pengetahuan tentang 1 teori belajar 1 pendekatan pembelajaran 3 strategi pembelajaran 6 metode pembelajaran 9 teknik mengajar 4 prinsip-prinsip pembelajaran 5 jenis evaluasi hasil belajar 10 karakteristik peserta didik namun belum memiliki pengetahuan dalam evaluasi pembelajaran. Profil Guru IPA Pada Pedagogical Content Knowledge (PCK) di SMP X Pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan konten Ilmu Pengetahuan Alam adalah Pendekatan saintifik /ilmiah. Metode pembelajaran yang sesuai dengan konten Ilmu Pengetahuan Alam adalah metode eksperimen metode demonstrasi pengamatan dan diskusi. Prinsip-prinsip yang sesuai dengan konten Ilmu Pengetahuan Alam adalah PAIKEM GEMBROT yaitu pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Gembira dan Berbobot. Jenis Evaluasi hasil belajar yang sesuai dengan konten Ilmu Pengetahuan Alam yaitu sikap keterampilan dan pengetahuan siswa Penilaian autentik yang sesuai dengan Ilmu Pengetahuan Alam adalah penilaian kinerja penilaian proyek penilaian portofolio dan penilaian tertulis. Profil Guru IPA Pada Technological Content Knowledge (TCK) di SMP X Teknologi yang digunakan untuk materi ilmu pengetahuan alam yaitu papan tulis papan tempel buku gambar carta dan alat yang tersedia pada laboratorium. Laboratorium berfungsi sebagai tempat bereksperimen observasi mengadakan pengamatan dan menyampaikan materi. Profil Guru IPA Pada Technological Pedagogical Knowledge (TPK) di SMP X Tipe gaya belajar visual menggunakan media gambar Tipe gaya belajar audio menggunakan ceramah dan video audio Tipe gaya belajar kinestetik menggunakan eksperimen bermain peran observasi langsung pengamatan. Guru menggunakan Aplikasi Excel untuk kepentingan evaluasi hasil belajar. Cara guru memilih dan menggunakan teknologi berdasarkan strategi yang dipakai metode materi siswa dan RPP. Cara guru mengevaluasi kesesuaian teknologi dengan melihat dampak negatif teknologi yang dipakai pada anak Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dalam merencanakan pembelajaran yang mengintegrasikan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) hal utama yang harus diperhatikan adalah karakteristik peserta didik dan materi / konten yang akan diajarkan. Algoritma clarke wright dan algoritma nearest neighbor dengan perbaikan local search diterapkan pada dua contoh permasalahan TSPTW. Pada contoh permasalahan pertama solusi yang diperbaiki menggunakan metode local search diperoleh solusi yang lebih optimal dari solusi awal yang dicari menggunakan algoritma clarke wright dan algoritma nearest neighbor. Pada contoh permasalahan kedua hasil perhitungan menggunakan algoritma clarke wright dan algoritma nearest neighbor dengan perbaikan local search menghasilkan solusi akhir yang lebih optimum dibanding dengan solusi akhir yang diperoleh menggunakan algoritma genetika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/707

Actions (login required)

View Item View Item