Analisis penguatan pendidikan karakter pada kegiatan manajemen kelas IV di SDN Polehan Kota Malang / Sang Aji Indrayana

Indrayana, Sang Aji (2019) Analisis penguatan pendidikan karakter pada kegiatan manajemen kelas IV di SDN Polehan Kota Malang / Sang Aji Indrayana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Indrayana, Sang Aji. 2019. Analisis Penguatan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Manajemen Kelas IV di SDN Polehan 1 Kota Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Harti Kartini, M.Pd, (II) Ni Luh Sakinah Nuraini, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: pendidikan karakter, manajemen kelas, sekolah dasar Pendidikan karakter bertujuan membentuk pribadi yang baik pada siswa. Pendidikan karakter tidak hanya dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran saja, tetapi bisa juga dilaksanakan melalui manajemen kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter yang diterapkan pada tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan kegiatan manajemen kelas IV di SDN Polehan 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data diperoleh dari guru dan siswa kelas IV. Kemudian data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan model alir melalui tahapan reduksi, penyajian, dan simpulan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dalam bentuk uraian singkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan perencanaan ditemukan tiga nilai karakter utama yakni nilai karakter religius, nasionalis, dan integritas yang diterapkan melalui kegiatan piket kelas, periksa kerapian, dan berjabat tangan dengan guru. Pada kegiatan pengorganisasian ditemukan empat nilai karakter utama yakni nilai karakter religius, mandiri, gotong royong, integritas yang diterapkan melalui sholat berjamaah, kreasi majalah dinding, penataan tempat duduk berkelompok, dan pemberian kesempatan berpendapat. Pada kegiatan pelaksanaan ditemukan kelima nilai karakter utama yakni nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, integritas yang diterapkan melalui pembiasaan bersikap jujur, menghargai orang lain, bertutur kata sopan, berperilaku sesuai tata tertib, dan melaksanakan komitmen dalam kelas. Pada kegiatan pengawasan ditemukan empat nilai karakter utama yakni nilai karakter religius, nasionalis, gotong royong, integritas yang diterapkan melalui perilaku peduli sesama, absensi, pengawasan tanpa membedakan gender, dan pemberian sanksi bagi pelanggar tata tertib. Berdasarkan paparan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan manajemen kelas IV di SDN Polehan 1 Kota Malang telah menerapkan nilai karakter utama PPK. Saran yang diberikan kepada pihak sekolah yaitu agar menjadikan hasil penelitian tentang karakter yang diterapkan pada kegiatan manajemen kelas sebagai bahan pertimbangan dalam upaya perbaikan pelaksanaan PPK. Bagi guru hendaknya merancang kegiatan manajemen kelas yang dapat menerapkan kelima nilai karakter utama PPK dengan lengkap di tiap fungsi manajerial. Bagi peneliti lain dapat digunakan sebagai referensi untuk mengembangkan penelitian terkait dengan fokus dan cakupan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70692

Actions (login required)

View Item View Item