Peningkatan hasil belajar IPS materi kebersamaan dalam keragaman melalui model mind mapping pada kelas IV SDN Bendosewu 02 Kabupaten Blitar / Femanda Elfa Nirwana

Nirwana, Femanda Elfa (2019) Peningkatan hasil belajar IPS materi kebersamaan dalam keragaman melalui model mind mapping pada kelas IV SDN Bendosewu 02 Kabupaten Blitar / Femanda Elfa Nirwana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

aRINGKASAN Nirwana, Femanda Elfa. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kebersamaan Dalam Keragaman Melalui Model Mind Mapping Pada Kelas IV SDN Bendosewu 02 Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.Pd (II) Suminah, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Hasil Belajar, Kebersamaan dalam Keberagaman, Mind Mapping Permasalahan yang dialami siswa dalam pembelajaran tentang keragaman adalah siswa tidak tahu tentang konsep keberagaman. Pengetahuan siswa terhadap materi keragaman sangat sempit, siswa beranggapan bahwa keragaman itu hanya tentang suku saja. Sedangkan permasalahan guru dalam menyampaikan materi tidak menggunakan RPP. Guru kurang kreatif dan inovatif.Tentu saja hal ini akan berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model Mind Mapping pada siswa kelas IV SDN Bendosewu 02 Kabupaten Blitar dan mendeskripsikan model Mind Mapping dan peningkatkan hasil belajar IPS materi kebersamaan dalam keberagaman pada siswa kelas IV SDN Bendosewu 02 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penggumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 90% menjadi 97% pada siklus II. Sedangkan persentasen aktivitas siswa pada siklus I sebesar 74% meningkat pada siklus II menjadi 87% Hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 27% pada siklus II menjadi 80%. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Mapping dapat dilaksanakan guru dan diikuti siswa dengan sangat baik, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Kebersamaan dalam keragaman pada kelas IV SDN Bendosewu 02 Kabupaten Blitar. Untuk itu diharapkan guru dapat menerapkan model Mind Mapping ini dalam pembelajaran IPS agar keerlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70691

Actions (login required)

View Item View Item