Tingkat kepedulian ibu tentang literasi media anak usia dini berdasarkan geososial / Izzatul Munawarah

Munawarah, Izzatul (2019) Tingkat kepedulian ibu tentang literasi media anak usia dini berdasarkan geososial / Izzatul Munawarah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Munawarah, Izzatul. 2019. Tingkat Kepedulian Ibu Tentang Literasi Media Anak Usia Dini Berdasarkan Geososial. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Ahmad Samawi, M.Hum, (II) Eny Nur Aisyah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Kepedulian, Literasi Media AUD, Geososial Peran ibu dalam penggunaan media elektronik khususnya televisi dan handphone berbasis internet bagi AUD adalah sangat penting. Peran tersebut bisa terlihat salah satunya dari sikap kepedulian ibu terhadap penggunaan media elektronik bagi anak atau bisa disebut juga dengan literasi media AUD. Literasi media adalah keterampilan dalam hal menggunakan media khususnya media berbasis teknologi secara benar sehingga dapat diambil manfaatnya serta meminimalkan dampaknya. Sikap kepedulian ibu ini juga dapat dianalisis tingkat tinggi rendahnya serta dicari perbedaan atau persamaannya salah satunya dari faktor geososial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif yang didasarkan pada perbedaan geografis antara kota dengan desa, yang mana memiliki karakteristik sosial masyarakat yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran deskriptif serta memberikan paparan secara kuantitatif mengenai perbandingan tingkat kepedulian ibu tentang literasi media AUD antara desa dan kota di Malang. Untuk sampel yang peneliti ambil sebagai sumber data dalam penelitian ini berjumlah total 80 responden yang terbagi menjadi 40 orang ibu di desa Malang dan 40 orang ibu di kota Malang. Pengambilan sampel bekerja sama dengan beberapa sekolah guna mempermudah dan mempercepat proses penelitian. Data sampel yang telah ditabulasi akan melewati uji mean, uji varians, uji homogenitas dan uji komparasi yang dalam penelitian ini menggunakan independent t-test dan proses penghitungannya menggunakan Microsoft Excel 2010 for Windows 10. Hasil dari penghitungan uji komparasi adalah 0,4646, angka ini lebih kecil jika dibandingkan dengan ttabel 5% yaitu 1,9908. Dengan hasil perbandingan ini maka H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hal tersebut, kesimpulannya adalah tidak terdapat perbedaan pada Tingkat Kepedulian Orangtua tentang Literasi Media Anak Usia Dini yang diterapkan ibu pada anak usia dini antara desa dan kota di Malang. Hal ini berbanding terbalik dengan temuan data deskriptif tentang gambaran umum jenis pekerjaan, jenjang pendidikan terakhir, dan usia ibu yang menghasilkan perbedaan persentase secara signifikan. Sehingga, kesimpulan akhir yang peneliti dapatkan adalah tingkat kepedulian ibu tentang literasi media AUD tidak dipengaruhi oleh adanya perbedaan geososial baik kota maupun desa di Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70690

Actions (login required)

View Item View Item