Upaya meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas III A menggunakan media papan flanel materi nilai-nilai Pancasila SDN Karangbesuki 3 Kota Malang / Yunika Aldiana

Aldiana, Yunika (2019) Upaya meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas III A menggunakan media papan flanel materi nilai-nilai Pancasila SDN Karangbesuki 3 Kota Malang / Yunika Aldiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aldiana, Yunika. 2019. Upaya Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas III A Menggunakan Media Papan Flanel Materi Nilai-Nilai Pancasila SDN Karangbesuki 3 Kota Malang. Skripsi, Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I Made Suardana, S.Pd, M.Pd., (II) Puri Selfi Cholifah, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: nilai-nilai Pancasila, media papan flanel, proses dan hasil belajar. Nilai-nilai Pancasila merupakan salah satu materi yang ada dalam muatan PPKn. Sangat penting bagi siswa mengerti nilai-nilai Pancasila serta diterapkan dalam kehidupan. Berdasarkan hasil observasi di kelas III A SDN Karangbesuki 3 Kota Malang, dari 20 siswa, diketahui bahwa sebanyak 11 siswa mendapat nilai dibawah KKM pada muatan PPKn. Siswa masih kesulitan memahami makna dari masing-masing sila dalam Pancasila. Selain itu, guru mengajar tidak menggunakan media. Maka dari itu, peneliti bermaksud melakukan penelitian dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas guru melaksanakan pembelajaran menggunakan media papan flanel, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa melaksanakan pembelajaran menggunakan media papan flanel, (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media papan flanel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III A sebanyak 20 siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan flanel dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I persentase aktivitas guru adalah 88%, dan pada siklus II menjadi 97%. Sedangkan persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 78,2%, dan pada siklus II menjadi 93,45%. Selanjutnya, hasil belajar pengetahuan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 60%, dan pada siklus II menjadi 90%. Hasil belajar sikap pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 70%, dan pada siklus II menjadi 87,5%. Serta, hasil belajar keterampilan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 70%, dan pada siklus II menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan di atas dapat disimpulkan bahwa, penggunaan media papan flanel dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa materi nilai-nilai Pancasila kelas III A SDN Karangbesuki 3 Kota Malang. Oleh karena itu, diharapkan guru dapat menggunakan media papan flanel ini dalam pembelajaran, agar keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa bisa lebih optimal bukan hanya dalam materi nilai-nilai Pancasila, namun semua materi yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70686

Actions (login required)

View Item View Item