Analisis modul tematik insan bermartabat tema 1 indahnya kebersamaan untuk kelas IV SD Kota Malang / Martha Plagia Mutaweyau

Mutaweyau, Martha Plagia (2020) Analisis modul tematik insan bermartabat tema 1 indahnya kebersamaan untuk kelas IV SD Kota Malang / Martha Plagia Mutaweyau. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Martha Plagia Mutaweyau. 2019. Analisis Modul Tematik Insan Bermartabat Tema 1 Indahnya Kebersamaan Untuk Kelas IV SD Kota Malang Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Estu Winahyu, M. Pd. (II) Dra. Harti Kartini, M. Pd. Kata Kunci: Modul Tematik, Indahnya Kebersamaan, Sekolah Dasar, Kurikulum 2013 Penyelenggaraan pendidikan memiliki tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sumber belajar yang digunakan Buku Siswa dan modul tematik merupakan bahan penunjang pembelajaran. Modul Tematik mempunyai karakteristik dari bahan ajar tematik yang diharapkan mampu menumbuhkan rasa ingin tahu tentang materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian antara indikator dengan kompetensi dasar, kesesuaian antara materi dengan indikator, kesesuaian isi modul dengan karakteristik modul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif karena data yang diperoleh nantinya akan berupa deskripsi dalam bentuk kata-kata, maupun tabel mengenai kesesuaian indikator dengan kompetensi dasar, kesesuaian materi dengan indikator, dan kesesuaian isi modul dengan karakteristik modul, untuk selanjutnya diuraikan hasil penelitian sesuai dengan apa yang diamati peneliti. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik identifikasi kajian isi. Sumber data penelitian ini yaitu modul tematik insan bermartabat kelas IV tema 1 indahnya kebersamaan, karena modul ini ditetapkan sebagai penunjang bahan ajar untuk peserta didik SD di Kota Malang. Edisi Revisi 2017. Setelah melalui proses analisis terhadap modul tematik kesesuaian kompetesi dasar dengan indikator sudah sesuai, kesesuaian materi dengan indikator sudah sesuai, kesesuaian isi modul tematik dengan karakteristik modul, sudah sesuai namun ada sebagian kecil yang kurang sesuai. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan secara keseluruhannya modul tematik insan bermartabat sudah sesuai, namun ada sebagain kecil kurang sesuai. Berdasarkan itu disarankan bagi pengembang dan penyusun buku ajar, supaya dapat lebih mengembangkan materi, memperhatikan tata cara penulisan setiap kata, Bagi sekolah, supaya dalam penyusunan sumber belajar sebaiknya tidak hanya menggunakan modul tematik insan bertmatabat saja sebagai satu-satunya sumber belajar, sehingga pengambilan modul sebagai sarana penunjang dalam pembelajaran di sekolah memang benar-benar modul tematik sesuai dengan kurikulum dan kegiatan yang ada di dalamnya dapat mengaktifkan peserta didik, bagi guru, supaya dapat mengembangkan sebagai sumber informasi dan referensi dalam pengembangan pembuatan bahan ajar terutama modul tematik, bagi peneliti lain, agar dapat mengembangkan penelitian sejenis dengan menggunakan sumber data dari berbagai buku yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah dengan menggunakan metode penelitian yang berbeda pula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70685

Actions (login required)

View Item View Item