Peningkatan hasil belajar IPA materi panas dan perpindahannya melalui model inquiry siswa kelas V SDN Sentul 1 Kota Blitar / Fadlilah Ahmad Fauzi

Fauzi, Fadlilah Ahmad (2019) Peningkatan hasil belajar IPA materi panas dan perpindahannya melalui model inquiry siswa kelas V SDN Sentul 1 Kota Blitar / Fadlilah Ahmad Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fauzi, Fadlilah Ahmad. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Panas Dan Perpindahannya Melalui Model Inquiry Siswa Kelas V Sdn Sentul 1 Kota Blitar. Sekripsi, program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Suminah, S.Pd., M.Pd (2) Esti Untari, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: hasil belajar, model inquiry, materi panas dan perpindahannya. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dikelas V SDN Sentul 1 Kota Blitar menunjukkan bahwa: (1) kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru, (2) sulit dalam memberikan stimulus pada siswa untuk aktif dalam pembelajaran, (3) siswa kurang paham dengan materi yang telah diberikan oleh guru. (4) hasil belajar siswa yang masih dikategorikan rendah dengan persentase keberhasilan sebanyak 42,3%. Tujuan dari dilaksanakan penelitian ini yaitu: (1) mendiskripsikan penerapan model inquiry pada pembelajaran IPA di SDN Sentul 1 Kota Blitar. (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar materi panas dan perpindahannya melalui model inquiry pada siswa kelas V SDN Sentul 1 Kota Blitar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sentul 1 Kota Blitar sebanya 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menerapkan model inquiry pada pembelajaran IPA materi panas dan perpindahannya dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan, maupun hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase aktivitas guru sebanyak 78,8% meningkat pada siklus II menjadi sebanyak 96,15%. Sedangkan persentase aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 77,5% meningkat menjadi sebanyak 82%. Persentase ketuntasan belajar siswa aspek pengetahuan pada pratindakan 42,3% dengan kategori sangat kurang, meningkat pada siklus II sebanyak 84% dengan kategori baik. Nilai ketuntasan belajar pada aspek keterampilan mnyampaikan hasil pengamatan pada siklus I rata-rata 75, meningkat hingga siklus II rata-rata nilai menjadi 83. Berdasarkan temuan data tersebut, dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA model inquiry telah berhasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model inquiry pada materi panas dan perpindahannya dapat dilaksanakan dengan baik oleh siswa dan guru sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Maka guru diharapkan dapat menerapkan model inquiry dalam pembelajaran yang memberikan rasa ingin tahu tinggi dan menggali konsep secara mandiri, dan juga dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70684

Actions (login required)

View Item View Item