Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler di kelas II SDN Bareng 4 Kota Malang / Miftachul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler di kelas II SDN Bareng 4 Kota Malang / Miftachul Jannah

Jannah, Miftachul (2019) Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler di kelas II SDN Bareng 4 Kota Malang / Miftachul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jannah Miftachul. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Intrakurikuler di Kelas II SDN Bareng 4 Kota Malang. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Nur Hanifah M.Pd. (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Implementasi Pendidikan Karakter Kegiatan Intrakurikuler Pendidikan karakter pada penelitian ini dimaksudkan sebagai proses terencana yang secara sadar dikonsepkan melalui pelaksanaan pendidikan formal guna membangun karakter generasi penerus bangsa. Berdasarkan data awal yang diperoleh peneliti melalui pengamatan di SDN Bareng 4 Kota Malang dijumpai 4-5 siswa kelas II dalam mengikuti do a bersama kurang tertib ada 2 siswa yang tidak memakai seragam sesuai ketentuan dan terdapat 2-3 siswa yang masih meminta diantar orangtuanya sampai masuk ke dalam ruang kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler di kelas II SDN Bareng 4 Kota Malang tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data utama didapatkan dari hasil observasi terkait perencanaan dan pelaksanaan kegiatan intrakurikuler di kelas II SDN Bareng 4 Kota Malang serta hasil wawancara kepada guru kelas. Data pendukung akan diperoleh melalui hasil dokumentasi terkait fokus penelitian tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pembelajaran 6 subtema 4 tema 7 pembelajaran 1 subtema 1 tema 8 pembelajaran 2 subtema 1 tema 8 dan pembelajaran 3 subtema 1 tema 8 di kelas II SDN Bareng 4 Kota Malang terdapat muatan nilai karakter religius sebanyak 89 nilai karakter nasionalis ditemukan sebanyak 78 nilai karakter mandiri ditemukan sebanyak 62 nilai karakter gotong royong ditemukan sebanyak 84 dan nilai karakter integritas ditemukan sebanyak 79. Berdasarkan hasil penelitian tersebut lima nilai karakter utama dalam pedoman penyelenggaraan PPK 47 subnilai karakter dari 48 subnilai karakter yang muncul pada pelaksanaan pembelajaran telah sesuai dengan pedoman dan terdapat temuan baru 2 nilai karakter baru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler di kelas II SDN Bareng 4 Kota Malang telah diselenggarakan namun perencanaannya belum terkonsep dalam dokumen RPP dan pada pelaksanaan pembelajaran seluruh subnilai karakter dari lima nilai utama PPK telah diintegrasikan tetapi ada satu subnilai yang belum terdapat sama sekali yakni subnilai kerjasama antar pemeluk agama dan kepercayaan. Disarankan bagi guru untuk menyusun dokumen RPP berbasis karakter dan bagi pihak sekolah diharapkan mampu mengoptimalkan kelengkapan sarana prasarana. Selain itu juga disarankan kepada Pemerintah untuk menambahkan dan meninjau ulang subnilai karakter dalam pedoman PPK dan meningkatkan evaluasi gerakan PPK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70675

Actions (login required)

View Item View Item