Peningkatan keterampilan menulis cerita fabel melalui proses menulis siswa kelas V SDN Karangbesuki 1 Kota Malang / Nova Rinelda Ayu Fatmala

Fatmala, Nova Rinelda Ayu (2019) Peningkatan keterampilan menulis cerita fabel melalui proses menulis siswa kelas V SDN Karangbesuki 1 Kota Malang / Nova Rinelda Ayu Fatmala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rinelda, Nova Ayu. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Fabel Melalui Proses Menulis Siswa Kelas V SDN Karangbesuki 1 Kota Malang. Skripsi. Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ratna Trieka Agustina, S.Pd., M.Pd., (II) Titis Angga Rini, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: menulis cerita fabel, tahap proses menulis, kelas V Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan 2 tahap siklus PTK berkaitan dengan menulis cerita fabel melalui tahap proses menulis, dapat diketahui bahwa siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran dan mendengarkan penjelasan guru dengan seksama. Penerapan tahap proses menulis dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis cerita fabel siswa kelas V SDN Karangbesuki 1 Kota Malang. Kegiatan diawali guru dengan mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menyiapkan instrumen penilaian. Selanjutnya, kegiatan yang dilakukan oleh guru, yaitu guru menjelaskan tahap proses menulis yang harus dilakukan siswa. Diantaranya, siswa harus menentukan topik terlebih dulu, membuat kerangka cerita, membuat draf, mengoreksi hasil draf, melakukan perbaikan, dan menyampaikan cerita ke depan kelas. Kemudian, guru memberikan tugas kepada siswa untuk menuliskan cerita fabel pada Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang telah dibagikan pada setiap siswa. Penerapan tahap proses menulis dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis cerita fabel yang didalamnya terdapat peningkatan keterampilan siswa dalam menentukan topik, ketepatan ejaan, kepaduan kata/kalimat, ketepatan penggunaan bahasa dan huruf kapital, serta penggunaan tanda baca. Aspek keterampilan menulis yang digunakan tersebut agar dapat membuat cerita fabel dengan utuh dan benar, sehingga nilai yang dicapai siswa dapat mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada siklus I dengan rata-rata 78 dan siklus II meningkat menjadi 95. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan penulisan cerita fabel melalui tahap proses menulis dapat dilaksanakan guru dan diikuti siswa dengan sangat baik, serta dapat meningkatkan keterampilan siswa. Diharapkan guru dapat menerapkan tahap penulisan ini dalam pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia agar keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa bisa lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70672

Actions (login required)

View Item View Item