Analisis kandungan HOTS dalam butir soal USBN matematika SD Provinsi Jawa Timur 2018/2019 / Giga Galih Eka Wibisono - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kandungan HOTS dalam butir soal USBN matematika SD Provinsi Jawa Timur 2018/2019 / Giga Galih Eka Wibisono

Wibisono, Giga Galih Eka (2019) Analisis kandungan HOTS dalam butir soal USBN matematika SD Provinsi Jawa Timur 2018/2019 / Giga Galih Eka Wibisono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Galih Giga Eka Wibisono. 2019. Analisis Kandungan HOTS dalam Butir Soal USBN Matematika SD Provinsi Jawa Timur 2018/2019. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhartono S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kandungan HOTS Butir Soal USBN Matematika Sekolah Dasar Indonesia menempati peringkat 45 dari 50 negara yang dinilai tingkat kognitif hasil belajar peserta didiknya oleh TIMMS (Trends in International Mathematics and Science Study). Oleh karena itu Kemdikbud Indonesia mengadaptasi penilaian berstandar HOTS (High Order Thinking Skill) dalam penilaian hasil belajar. Salah satu bentuk penilaian hasil belajar secara nasional di Indonesia adalah USBN. Berdasarkan dua penelitan terdahulu mendapatkan hasil bahwasanya kandungan HOTS dalam naskah soal USBN matematika SD belum proporsional. Oleh karena itu peneliti bermaksud untuk meneliti kandungan HOTS dalam soal USBN Matematika SD Provinsi Jawa Timur 2018/2019 dengan instrument level kognitif dan karakteristik soal HOTS yang telah dirancang oleh Puspendik Kemdikbud. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulaitatif dengan jenis content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam naskah soal kandungan HOTS hanya didominasi oleh tingkat kognitif C4 sebanyak 8 soal dan tingkat kognitif yang mendominasi keseluruhan soal adalah C3 sebanyak 16 soal. Karakteristik soal HOTS dalam naskah soal sudah sesuai dengan instrument dari Kemdikbud namun beberapa soal tidak menggunakan stimulus yang merupakan dasar untuk membuat pertanyaan dan syarat penilaian abad 21. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan untuk menambah kuantitas soal dengan kandungan HOTS dan menambahkan soal dengan tingkat kognitif C5 dan C6 pada naskah soal. Dalam setiap soal dapat disisipi stimulus agar soal mencerminkan bentuk penilaian abad 21.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70671

Actions (login required)

View Item View Item