Dewi, Umasita (2020) Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui media lingkungan sekitar di kelas IV MI Islamiyah Malang / Umasita Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dewi Umasita. 2019. PeningkatanKeterampilanMenulisDeskripsiMelaluiMedia LingkunganSekitar di Kelas IV MI Islamiyah Malang. Skripsi SekolahDasardanPrasekolah.FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. AchmadTaufiq M. Pd (2) Dra. RatnaTriekaAgustina S. Pd. M. Pd. Kata Kunci Menulisdeskripsi media lingkungansekitar Keterampilanmenulisberperanpentingbagikeberhasilansiswamengikutipembelajarandisekolah.Atas dasar latar belakang pentingnya keterampilan menulis penelitian ini dilaksanakan.Hasil observasi diperoleh data bahwa minat siswa kelas IV MI Islamiyah Malang dalam menulis karangan masih rendah. Hal ini dikarenakan ketidaktahuan siswa mengenai karangan deskripsi sebab siswa barup ertamakalinya menulis karangan deskripsi.Lingkungan sekitar merupakan media yang diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai media yang dapat membangkitkan minat dan ketertarikan siswa didalam pembelajaran menulis karangan deskripsi berdasarkan pengamatan pada objek/ benda dilingkungan sekitar siswa.Tujuan dari penelitian ini yakni agar siswadapatmenerapkan media lingkungan sekitar untuk meningkatkan keterampilan menulisdeskripsi melalui pengamatan lingkungansekitar. PenelitianinimenggunakanpenelitianTindakanKelas (PTK) menurutArikunto yang terdiridarikegiatanperencanaan pelaksanaantindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian merupakan siswakelas IV MI IslamiyahMalangyangberjumlah 33 anak.Instrument yang digunakan dalam penelitianiniberupalembarpengamatanaktivitassiswadan guru dokumentasi saatpemebaljaranmenulisdikelasmaupundiluarkelas.Analisis data dalampenelitianini yakni teknik analisis secara kualitatif. Kesimpulan dari penelitian yaitu penerapan media lingkungan alams ekitar dapat meningkatkanketerampilansiswadalammenuliskarangandeskripsi.Media inibergunauntukmenimbulkansemangatdalambelajar memungkinkan interaksi langsung antara siswa dan l ngkungan secara nyata. Peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada siklus I pembelajaran yang telah dilaksanakan baik melalui pertemuan 1 danpertemuan 2 memperoleh rata-rata sebesar 62 sedangkan pada siklus II rata-ratanya menjadi 75. Ketuntasan belajar pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 42% dan siklus II sebesar 79%. Saran bagi guru agar memanfaatkan lingkungan disekitar yang dapat enyediakan berbagai macam sumberbelajar yang ada.Siswa pun dapat memaksimalkan panca inderanya dengan berkomunikasi secara langsung terhadap media dilingkungansekitarnya.Sekolah pun juga dapat memanfaatkan media ini untuk lebih meningkatkan kreatifitas siswa dalam mengembangkan karangan deskripsinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/70670 |
Actions (login required)
View Item |