Analisis kesesuaian buku siswa kelas 1 SD tema 2 (kegemaranku) revisi 2017 dengan karakteristik pembelajaran tematik terpadu / Nur Baiti

Baiti, Nur (2019) Analisis kesesuaian buku siswa kelas 1 SD tema 2 (kegemaranku) revisi 2017 dengan karakteristik pembelajaran tematik terpadu / Nur Baiti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Baiti, Nur. 2018. Analisis Kesesuaian Buku Siswa Kelas 1 Sd Tema 2 Kegemaranku Revisi 2017 Dengan Karakteristik Pembelajaran Tematik Terpadu. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Agus Tri Widjaja, M.Pd (II) Dra. Nur Hanifah, M.Pd. Kata Kunci: Analisis Kesesuaian, Pembelajaran Tematik Terpadu Studi awal yang dilakukan peneliti pada tanggal 31 Juli 2017, yaitu seorang guru kelas I SDN Sawojajar IV menyatakan bahwa “buku siswa belum sepenuhnya menerapkan pembelajaran tematik terpadu”. Beliau berkata demikian karena “ditemukan beberapa materi pokok pembelajaran berbeda konsep dengan soal-soal latihan yang diberikan”. Ditemukan ketidaksesuaian buku siswa edisi revisi 2016 yaitu pada Tema 1 Diriku Subtema 3 menunjukan adanya penambahan materi pelajaran yang tidak masuk dalam fokus pembelajaran yaitu pada subtema 3 pada fokus pembelajaran 3 terdapat penambahan materi matematika dan fokus pembelajaran 6 terdapat penambahan materi PPKn dan PJOK. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Adapun metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, karena penliti menyajikan data dengan bentuk kata- kata.. Berdasarkan variabelnya ada empat instrumen yang perlu dibuat yaitu: 1) instrumen untuk karakteristik holistik , 2) instrumen untuk karakteristik bermakna, 3) instrumen karakteristik otentik, 4) dan instrumen karakteristik aktif. Instrumen tersebut dilakukan dengan cara memberikan tanda ceklist(√) pada kolom aspek yang termuat dalam masing-masing karakteristik pembelajaran tematik terpadu yang muncul pada buku siswa. Berdasarkan hasil analisis data tentang kesesuaian buku siswa kelas I tema 2 kegemaranku revisi 2017 dengan karakteristik tematik terpadu menunjukan bahwa kesesuaian buku siswa dengan karakteristik tematik pembelajaran terpadu mendapatkan skor 48,12 % yang artinya masuk kategori “ cukup sesuai” atau disarankan tidak digunakan karena memerlukan revisi besar. (1) Kesesuaian buku siswa kelas 1 tema 2 kegemaranku revisi 2017 dengan karakteristik pembelajaran tematik terpadu aspek holistik memperoleh presentase kesesuaian sebesar 55% artinya masuk dalam kategori “ cukup “ atau disarankan tidak digunakan. (2) Kesesuaian buku siswa kelas 1 tema 2 kegemaranku revisi 2017 dengan karakteristik pembelajaran tematik terpadu aspek bermakna memperoleh presentase kesesuaian sebesar 45,83% artinya artinya masuk dalam kategori “ cukup “ atau disarankan tidak digunakan.. (3) Kesesuaian buku siswa kelas 1 tema 2 kegemaranku revisi 2017 dengan karakteristik pembelajaran tematik terpadu aspek otentik memperoleh presentase kesesuaian sebesar 37,5% artinya kategori “ kurang” tidak dapat digunakan. (4) Kesesuaian buku siswa kelas 1 tema 2 kegemaranku revisi 2017 dengan karakteristik pembelajaran tematik terpadu aspek aktif memperoleh presentase kesesuaian sebesar presentase 54.16% kategori “ cukup sesuai” artinya disarankan tidak sigunakan. Saran dari peneliti ini yaitu bagi guru SD, mengingat hasil analisis yang dilakukan penulis diperoleh temuan bahwa didalam buku siswa kelas II SD kurikulum 2013 revisi 2017 Tema 2 ( Kegemaranku) belum semua kegiatan pembelajaran memuat indikator- indikator yang sesuai dengan karakteristik tematik terpadu, guru hendaknya memiliki bahan ajar tambahan lainguna melengkapi kekurangan dan menunjang dalam proses belajar mengajar. Bagi peniliti lain, diharapkan dapat melakukan analaisis buku pada tema,edisi maupun penerbit yang lain mengingat peneliti hanya terbatas mengkaji pada tema 2 (Kegemaranku) Bagi penulis, diharapkan untuk lebih memerhatikan dan mengoreksi isi buku siswa khususnya pada karakteristik tematik terpadu kurikulum 2013 yang telah ditentukan Peraturan Pemerintah dan Undang-Undang Negara Republik Indonesia sebelum diterbitkan serta diaplikasikan di Sekolah Dasar, sehingga terjadi perbaikan-perbaikan pada edisi yang terbit selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70669

Actions (login required)

View Item View Item