Peningkatan keterampilan memahami isi bacaan narasi menggunakan boneka tongkat pada siswa kelas III SDB Sawojajar 5 Kota Malang / Afrina Alif

Alif, Afrina (2019) Peningkatan keterampilan memahami isi bacaan narasi menggunakan boneka tongkat pada siswa kelas III SDB Sawojajar 5 Kota Malang / Afrina Alif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Alif. Afrina. 2019. Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Narasi Menggunakan Boneka Tongkat Pada Siswa Kelas III SDN Sawojajar 5 Kota Malang. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang: Pembimbing: (I) Drs. Achmad Taufiq, M.Pd., (II) Dra. Nihayati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Boneka tongkat, pembelajaran, hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memahami isi bacaan narasi dalam muatan Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Sawojajar 5 kota malang, dengan menggunakan boneka tongkat. Jenis penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek yang berjumlah 32 siswa, 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah keterampilan memahami isi bacaan narasi siswa menggunakan boneka tongkat. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari 1 kali pertemuan. Tindakan yang diberikan kepada siswa berupa penerapan penggunaan boneka tongkat untuk meningkatkan keterampilan memahami siswa terhadap isi bacaan narasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk data yang berupa observasi, dokumentasi kegiatan dan tugas siswa. Analisis kuantitatif digunakan untuk data yang diperoleh dari hasil tes memahami bacaan siswa sebelum dan sesudah tindakan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan boneka tongkat dapat meningkatkan keterampilan dan proses belajar memahami isi bacaan siswa kelas III SDN Sawojajar 5 Kota Malang. Pada pelaksanaan tindakan siklus I sudah banyak siswa yang tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, dan ada juga yang masih tidak bisa mengikuti pembelajaran ini dengan baik, selain itu guru juga belum bisa membuat suara yang berbeda untuk lebih membuat karakter setiap tokoh berbeda. Oleh karena itu, perlu diadakan siklus II guna memperbaiki kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran. Pada siklus II hampir semua sudah aktif dan antusias dalam pembelajaran dengan pembawaan cerita dengan suara yang berbeda untuk setiap tokoh dalam cerita, sehingga siswa lebih mudah untuk memahami isi bacaan melalui boneka tongkat. Dari perbaikan yang telah dilakukan oleh guru, terjadilah peningkatan proses yang dapat dilihat dari kondisi siswa yang lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Peningkatan proses dapat mempengaruhi peningkatan pada kualitas hasil. Hal ini berdasarkan tes siswa terbukti dengan nilai rata-rata siswa pratindakan sebesar 66,96 dengan tingkat persentase ketuntasan 25℅, pascatindakan siklus I sebesar 71,28 dengan tingkat persentase 43,75℅ kategori kurang, dan pascatindakan siklus II 88,06 dengan persentase 93,75℅ dengan kategori Sangat Baik. vii SUMMARY Alif. Afrina. 2019. Increased Ability to Understand Narrative Reading Contents Using Puppets Stick To 3th Grade of Elementery School Sawojajar 5 Malang City. Essay, Teacher Education of Elementary school, Elementary and Preschool Education Department, Faculty of Education, State University of Malang. Preceptor: (I) Drs. Achmad Taufiq, M.Pd., (II) Dra. Nihayati, S.Pd., M.Pd. Keywords: Stick Puppest, Leraning, Learning Outcome This research aims to improve the skills of understanding the contents of narrative text in the Indonesian language content of grade 3 students at Sawojajar 5 elementary school Malang using stick puppets. This type of research uses the type of Classroom Action Research (CAR) with subjects totaling 32 students, 16 male students and 16 female students. The object of this research is the skill of understanding the contents of narrative text by using stick puppets. This research was conducted in two cycle consisting of one meeting. Actions given to students in the form of applying the use of stick puppets to improve students' understanding skills towards the contents of narrative text. Data collection techniques are carried out by observation, documentation, and tests. Data analysis techniques are descriptive qualitative and quantitative descriptive. Qualitative analysis is used for data in the form of observation, documentation of activities and assignments of students. Quantitative analysis is used for data obtained from the test results of students' reading comprehension before and after the action. The results of the study show that the application of stick puppets can improve the skills and learning process of understanding the reading content of third grade students of Sawojajar 5 elementary school Malang. In the implementation of the first cycle of action there were many students who were interested and enthusiastic in participating in the study, and there were also those who still could not take this lesson well, besides that the teacher had not been able to make different voices to make each character's different. Therefore, a second cycle is needed to improve deficiencies in the implementation of learning. In second cycle, almost all of them were active and enthusiastic in learning by carrying out stories with different voices for each character in the story, so that students were easier to understand the contents of the text through stick puppets. From the improvements that have been made by the teacher, there is an increase in the process which can be seen from the condition of students who are more active and enthusiastic in learning. Improved processes can affect the increase in the quality of results. This is based on student tests as evidenced by the average score of pre-action students of 66.96 with a percentage level of completeness of 25℅, post-action cycle I of 71.28 with a percentage level of 43.75℅ in the less category, and post-action of cycle II 88.06 with a percentage 93,75℅ with the Very Good category.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70668

Actions (login required)

View Item View Item