Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita FPB dan KPK menurut metode Newman pada siswa kelas IV SDN Lamong Kabupaten Kediri / Yuanita Pujiarti

Pujiarti, Yuanita (2019) Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita FPB dan KPK menurut metode Newman pada siswa kelas IV SDN Lamong Kabupaten Kediri / Yuanita Pujiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Pujiarti, Yuanita. 2019. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita FPB dan KPK Menurut Metode Newman pada Siswa Kelas IV SDN Lamong Kabupaten Kediri. Skripsi Prodi S1–Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Seolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd., (II) Ni Luh Sakinah Nuraini, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Teori Kesalahan Newman, Soal Cerita Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita merupakan cara untuk mencari tahu letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menjawab soal cerita. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis kesalahan yaitu metode Newman. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dan mengidentifikasi penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika mengenai FPB dan KPK dengan menggunakan analisis berdasarkan metode Newman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SDN Lamong Kabupaten Kediri yang terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu teknik analisis data kualitatif model alir (flow model) yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan metode Newman terdapat pada tahap membaca, pada tahap memahami, pada tahap transformasi, pada tahap keterampilan proses, dan menuliskan jawaban akhir. Penyebab siswa melakukan kesalahan dapat dilihat yaitu: (1) kurang teliti, (2) kemampuan menghitung siswa yang rendah, (3) tidak memahami soal, dan (4) salah dalam menuliskan hasil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan (1) kepada guru untuk memberikan siswa latihan mengerjakan matematika baik soal cerita maupun bukan soal cerita; (2) untuk peneliti lebih lanjut diharapkan penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk mencari alternatif pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70667

Actions (login required)

View Item View Item