Pengembangan media GPB (Geometry Pocket Box) pada bidang perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Desa Damarwulan / Utami Ningsih

Ningsih, Utami (2019) Pengembangan media GPB (Geometry Pocket Box) pada bidang perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Desa Damarwulan / Utami Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ningsih, Utami. 2019. Pengembangan Media GPB (Geometry Pocket Box) pada Bidang Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Damarwulan. Skripsi Prodi S1Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan KependidikanSekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. UsepKustiawan, M.Sn. (II) Evania Yafie, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Perkembangan Kognitif, Media GPB, Anak Usia 5-6 Tahun Perkembangan kognitif anak akan mempengaruhi masa depan anaksehingga dibutuhkan stimulus yang tepat agar perkembangan kognitif anak berkembang dengan optimal. Berdasarkan hasil dari penelitian awal pada lima lembaga TK yang ada di desa Damarwulan antara lain RA KM Bulurejo, TK KM Islamiyah, TK KM Suwaru, TK KM Bulurejo, dan RA As-Salaamtelah ditemukan bahwa pembelajaran pada kelima TK dalam mengembangkan kognitif anak masih banyak yang menggunakan Lembar Kerja (LK), majalah dan sangat sedikit menggunakan media pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang sering digunakan guru berupa menuliskan materi dipapan tulis, dan jarang menggunakan sebuah media dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan media GPB yang efesien, efektif, menarik dan sesuai perkembangan anak menurut ahli materi pembelajaran dan ahli media anak usia dini sehinggamedia dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam pembelajaran anak usia lima sampai enam tahun. Penelitian pengembangan menggunakan model penelitian Borg & Gall dengan modifikasi sebanyak tujuh langkah. Hasil pengembangan berupa produk media GPB untuk mengembangkan perkembangan kognitif. Penelititan dilakukan pada lima TK di Desa Damarwulan. Teknik analisis data dalam penelitian pengembangan ini adalah kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan uji formatif kepada ahli materi pembelajaran anak usia dini diperoleh persentase sebesar97,1 %,ahli media anak usia dini diperoleh persentase 81,7 %. Dari uji coba kelompok kecil diperoleh persentase keseluruhan sebesar95,4%, keefektifan sebesar 93,3%, keefesienan sebesar 100%, kemenarikan 95% dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase keseluruhan sebesar 96,5%, keefektifan 95,2 %, keefesienansebesar 97,2%, kemenarikan sebesar 97,7 %. Berdasarkan uji formatif para ahli dan uji coba kepada anak, media GPB ini keefektifan, keefesienan dan kemenarikan sehingga layak digunakan untuk anak kelompok B dalam mengembangkan kognitif antara lain mengklasifikasikan bentuk, mengurutkan ukuran dan memperkirakan pola setelahnya pada anak Kelompok B usia 5-6 tahun. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media GPB dalam meningkatkan kemampuan kognitif yang lebih luas lagi dan melakukan evaluasi ulang terhadap media GPB.  SUMMARY Ningsih, Utami. 2019. Development of GPB (Geometry Pocket Box) Media in the Development of Cognitive Children 5-6 Years Old in Damarwulan Village. Thesis S1 Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Department of Elementary and Preschool Education, Faculty of Education, State University of Malang. Advisors: (I) Drs. UsepKustiawan, M.Sn. (II) EvaniaYafie, S.Pd.,M.Pd. Keywords:Cognitive Development, GPB Media, Children Aged 5-6 years Child's cognitive development will affect the child's future so that it needs proper stimulus in order for the child's cognitive development to thrive optimally. Based on the results of the preliminary research on five KINDERGARTEN institutions in the village of Damarwulan among others RA KM Bulurejo, TK KM Islamiyah, TK KM Suwaru, TK KM Bulurejo, and RA As-Salaam has been found that the study of the five KINDERGARTENS in developing cognitive children Still many use Worksheets (LK), magazines and very little to use the learning media, learning activities that are often used by teachers in the form of writing material, and rarely use a medium in the process Learning. The purpose of this development research to produce the efficient GPB media, effective, interesting and suitable for child development according to the learning material experts and the early childhood media experts so that the media can be used and utilized in learning Children aged 5-6 years. Development research uses the Borg & Gall research model with a total of seven-step modifications. The results of the development of GPB media products to develop cognitive development. The study was conducted on five kindergartens in Damarwulan village. The data analysis techniques in this development study are qualitative and quantitative. Based on a formative test to early childhood learning materials, a percentage of 97.1% was obtained, early childhood media specialists gained a percentage of 81.7%. From small group trials, the overall percentage was 95.4%, the effectiveness was 93.3%, the efficiency of 100%, the amount of 95%, and the test of large groups was obtained a total percentage of 96.5%, the effectiveness of 95.2%, efficacy of 97.2%, the amount of 97.7%. Based on the expert formative tests and trials of children, the media of GPB is effectiveness, efficacy and development so that it is worthy to be used for group B in developing cognitive such as classifying shapes, sorting sizes and The following patterns in group B age 5-6 years. Further studies are expected to develop the GPB media in enhancing the wider cognitive abilities and re-evaluate the GPB media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70666

Actions (login required)

View Item View Item