Penggunaan model problem based learning sebagai upaya meningkatkan pembelajaran pada tema 9 subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran kelas VC SDN Penanggungan Malang / Farah Nur Khabibah

Khabibah, Farah Nur (2019) Penggunaan model problem based learning sebagai upaya meningkatkan pembelajaran pada tema 9 subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran kelas VC SDN Penanggungan Malang / Farah Nur Khabibah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Khabibah, Farah Nur. 2019. Penggunaan Model Problem Based Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Pembelajaran Pada Tema 9 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Kelas V C SDN Penanggungan Malang. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sukamti, M.Pd, (II) Drs. Dimyati, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Aktivitas, Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan di kelas VC SDN Penanggungan Malang yaitu (1) pembelajaran masih berpusat pada guru, (2) aktivitas belajar siswa hanya sebatas mendengar dan menulis saja, (3) terdapat 8 dari 20 siswa mendapat hasil belajar dibawah KKM. Alternatif pemecahan masalah yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa yaitu menggunakan model problem based learning. tujuan yang ingin dicapai yaitu penerapan model problem based learning, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdapat 2 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknis wawancara, observasi,dokumentasi,dan tes. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar observasi penerapan model problem based learning, lembar observassi aktivitas siswa, dan tes Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi zat tunggal dan campuran serta iklan di kelas VC SDN Penanggungan Malang. (1) hasil dari penerapan model problem based learning menunjukkan guru dapat menerapkan model problem based learning dengan baik, (2) hasil rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu dari 67,03 pada siklus I menjadi 68,38 pada siklus II, (3) hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 80,5 dengan ketuntasan klasikal 75% pada siklus II meningkat rata-rata siswa menjadi 86,25 dan ketuntasan klasikal 85%. Dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta disarankan agar guru dapat menggunakan model ini sebagai alternatif model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70664

Actions (login required)

View Item View Item