Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan pembelajaran sumber energi alternatif di kelas IV SDN Kesatrian 2 Malang / Fajar Ardiansyah

Ardiansyah, Fajar (2019) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan pembelajaran sumber energi alternatif di kelas IV SDN Kesatrian 2 Malang / Fajar Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Ardiansyah, Fajar. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pembelajaran Sumber Energi Alternatif di Kelas IV SDN Kesatrian 2 Malang. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sukamti, M.Pd (II) Puri Selfi Cholifah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Sumber Energi Alternatif Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru kelas IV SDN Kesatrian 2 Malang, guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan materi sumber energi alternatif karena kesulitan menerapkan model yang tepat dan bervariasi yang dapat menarik minat siswa untuk belajar. Kemudian pada aktivitas siswa selama pembelajaran masih terbatas mendengar ceramah, mengerjakan soal dan menjawab pertanyaan dari guru. Saat kegiatan kerja kelompok, peran siswa belum merata dan cenderung pasif. Berbanding lurus dengan hal tersebut, hasil tes awal diperoleh rata-rata nilai siswa kelas IV dalam materi sumber energi alternatif belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Ketercapaian nilai materi sumber energi alternatif masih kurang, hal ini disebabkan oleh lemahnya pemahaman siswa terhadap konsep sumber energi alternatif. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan cara penerapan model Problem Based Learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar sumber energi alternatif di kelas IV SDN Kesatrian 2 Malang, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa saat penerapan model Problem Based Learning pada kelas IV SDN Kesatrian 2 Malang, dan (3) mendeskripsikan hasil belajar setelah penerapan model Problem Based Learning pada kelas IV SDN Kesatrian 2 Malang. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 mendapatkan nilai rata-rata kelas 74,3 dengan persentase 43% dan pada pertemuan 2 nilai rata-rata kelas 77,9 dengan persentase 63%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 mendapatkan total skor 81 dengan persentase ketuntasan klasikal 82% dan pada pertemuan 2 nilai rata-rata kelas yaitu 84,6 dengan persentase ketuntasan klasikal 97%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 yaitu 62,6 dengan persentase ketuntasan klasikal 11% kemudian pada pertemuan 2 rata-rata kelas yaitu 71,2 dengan persentase ketuntasan klasikal 43%. Sedangkan perolehan rata-rata hasil belajar siklus II pertemuan 1 yaitu 75,1 dengan persentase ketuntasan klasikal 46% kemudian pada pertemuan 2 mendapatkan nilai rata-rata kelas yaitu 80 dengan persentase ketuntasan klasikal 77%. Penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran sumber energi alternatif di kelas IV SDN Kesatrian 2 Kota Malang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN Kesatrian 2 Kota Malang dengan materi sumber energi alternatif memfasilitasi siswa agar dapat melaksanakan penyelidikan terhadap suatu masalah dengan media pembelajaran yang konkret. Hal ini berdampak pada siswa yang dapat lebih aktif dan memahami pembelajaran dengan baik, sehingga mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan pembelajaran di kelas IV SDN Kesatrian 2 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70663

Actions (login required)

View Item View Item