Peningkatan hasil belajar PKN materi kebersamaan dalam keberagaman melalui model Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas III SDN Gedong 1 Blitar / Galih Uji Prayogo

Prayogo, Galih Uji (2019) Peningkatan hasil belajar PKN materi kebersamaan dalam keberagaman melalui model Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas III SDN Gedong 1 Blitar / Galih Uji Prayogo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prayogo, GalihUJi. 2019. PeningkatanHasilBelajarPKnMateri KebersamaanDalamKeberagaman Model Teams Games Tournament (TGT) di Kelas III SDN Gedog 1 Kota Blitar.Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru SekolahDasar, JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah, FakultasIlmu PendidikanUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Hj,Sri Murdiyah, M.Pd., (2) Dr. Sutansi, M.Pd. Kata Kunci:Hasilbelajar, model pembelajaranteamsgamestournament, materi keberamaan dalam keberagaman. Berdasarkanhasilobservasi yang dilakukan di kelas III SDN Gedog 1 Kota Blitarmenunjukkanbahwa (1) kegiatanpembelajaranmasih berpusatpada guru, (2) guru tidakmelakukankegiatanapersepsipadasaatkegiatanawalpembelajaran, (3) siswakurangmemahamimateri yang diberikanoleh guru, (4) hasilbelajarsiswamasihrendah, denganpersentaseketuntasanklasikalhanyasebesar 44%. Tujuandaripenelitaniniyaitu: (1) mendeskripsikanpenerapan model TGTpadapembelajaranmateri kebersaaan dalam keberagaman di kelas III SDN Gedog 1 Kota Blitar, (2) mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarmateri kersamaandalamkeberagamanmelalui model TGTpadasiswakelas III SDN Gedog 1 Kota Blitar. Penelitianmenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas (PTK) yang dilaksanakanduasiklus.Setiapsiklus terdiri dariempattahapan, yaituperencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi.Subjekpenelitianini adalahsiswakelas III SDN Gedog 1 Kota Blitarsebanyak 28siswa.Pengumpulan data dilakukanmenggunakanteknik wawancara, observasi, catatanlapangan, tes, dandokumentasi.Datadianalisismelaluitahapreduksi data, menyajikan data danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitiandengan menerapkan model TGT padapembelajaranPKnmaterikebersamaandalamkeberagaman dapatmeningkatkanaktivitasmaupunhasilbelajarsiswa.Padasiklus I, persentaseaktivitas guru sebesar 80%, meningkatpadasiklus II sebesar100%.Sedangkanpersentaseaktivitassiswapadasiklus I sebesar 71,74%, meningkatpadasiklus II sebesar 84,2%. Persentaseketuntasanbelajaraspekpengetahuanpadapratindakansebesar 44% dengankategorisangatkurangmeningkatpadasiklus Imenjadi 64,5% dengankategorikurangdanmeningkatkembalipadasiklus II sebesar 84% dengankategoribaik. Persentaseketuntasanbelajar padaaspekketerampilanmenyampaikanhasillaporanpadasiklus I sebanyak 13 anak yang tuntasmeningkatpadasiklus II menjadi 22 anak yang tuntaspadaakhirsiklus II. Berdasarkan temuan data tersebut, dapatdikatakanbahwapelaksanaanpembelajarandanhasilbelajarsiswadarisiklus I kesiklus II mengalamipeningkatan.Hal inimembuktikanbahwapenerapan model TGT padamaterikebersamaandalamkeberagamandilaksanakandenganbaikoleh guru dansiswasehinggaberdampakpadameningkatnyahasilbelajarsiswa.Maka guru diharapkandapatmenerapkan model TGTdalampembelajaran yang terbuktidapatmeningkatkanaktivitas guru, aktivitassiswa, sertahasilbelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70661

Actions (login required)

View Item View Item