Peningkatan hasil belajar IPS materi jenis kegiatan ekonomi masyarakat kelas V melalui model example non example di SDN Kolomayan 2 / M. Fatoni Azis

Azis, M. Fatoni (2019) Peningkatan hasil belajar IPS materi jenis kegiatan ekonomi masyarakat kelas V melalui model example non example di SDN Kolomayan 2 / M. Fatoni Azis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Azis, M.Fatoni. 2019. Peningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Jenis Kegiatan Ekonomi Masyarakat Kelas V Melalui Model Example Non Example di SDN Kolomayan 2. Skripsi, Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.Pd., (2) Yuniawatika, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran examples non examples, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kegiatan ekonomi masyarakat. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN Kolomayan 2 Kabupaten Blitar diketahui bahwa guru masih dominan menggunakan motode ceramah dalam pembelajaran, guru kurang membimbing siswa yang memliki kekurangan dalam memahami materi, guru belum menggunakan media pembelajaran, dan hasil belajar yang diperoleh hanya 5 siswa saja yang nilainya di atas KKM yakni 70, dengan persentase KBK sebesar 26,32% sedangkan siswa yang belum tuntas belajar sebesar 73,68% atau 14 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model examples non examples pada proses pembelajaran materi jenis-jenis kegiatan ekonomi masyarakat, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi jenis-jenis kegiatan ekonomi masyarakat melalui model examples non examples.Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kolomayan 02 Kabupaten Blitar sebanyak 19 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mengumpulkan data, menyajikan data, dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model examples non examples jenis-jenis kegiatan ekonomi masyarakat dapat meningkat aktivitas maupun hasil belajar siswa. Pada siklus I dan siklus II, persentase aktivitas guru sebesar 100%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 89,6 % menjadi 96,5 % pada siklus II. Presentase ketuntasan nilai pengetahuan siswa pada siklus I yaitu 68,4 % meningkat menjadi 100% pada siklus II. Pada aspek keterampilan nilai optimum sebesar 73,6 % meningkat menjadi 95,3 %. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, disarankan hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran example non example dalam pembelajaran IPS khususnya materi jenis-jenis kegiatan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70660

Actions (login required)

View Item View Item