Pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari sebagai upaya menstimulasi kecerdasan kinestetik siswa kelas I SDN Bareng 5 Malang / Adelia Awanda

Awanda, Adelia (2019) Pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari sebagai upaya menstimulasi kecerdasan kinestetik siswa kelas I SDN Bareng 5 Malang / Adelia Awanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Awanda, Adelia. 2019. Pelaksanaan Ekstrakurikuler Seni Tari Sebagai Upaya Menstimulasi Kecerdasan Kinestetik Siswa Kelas I SDN Bareng 5 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Retno Tri Wulandari, S.Pd, M.Pd, (II) Puri Selfi Cholifah, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: ekstrakurikuler seni tari, kecerdasan kinestetik, sekolah dasar Kecerdasan kinestetik memiliki keterkaitan dengan ekstrakurikuler seni tari. Kegiatan ekstrakurikuler seni tari dapat menstimulasi kecerdasan kinestetik siswa dengan melatih siswa mengoordinasikan pikiran dengan anggota tubuhnya dalam gerakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan ekstrakurikuler, faktor pendukung, faktor penghambat, dan solusinya dalam pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari sebagai upaya menstimulasi kecerdasan kinestetik siswa kelas I di SDN Bareng 5 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Data diperoleh dari guru kelas I, guru seni tari, dan siswa kelas I, kemudian dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil data dianalisis dan dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecerdasan kinestetik siswa dapat terstimulasi melalui ekstrakurikuler seni tari terlihat dari empat aspek kecerdasan kinestetik. Aspek kekuatan ditunjukkan dalam gerakan melompat, aspek keseimbangan ditunjukkan dalam gerakan berdiri dengan satu kaki, aspek fleksibilitas ditunjukkan dalam gerakan memutar pergelangan tangan dan memutar kepala ke kiri dan ke kanan, dan aspek koordinasi ditunjukkan dalam gerakan kaki, tangan, dan kepala yang digerakkan bersamaan, serta gerakan tubuh yang selaras dengan iringan musik tari. Faktor pendukung meliputi kondisi fisik siswa yang sehat, semangat dan antusias siswa, tersedianya ruangan khusus seni tari, tersedianya media tape recorder, serta adanya guru tari. Faktor penghambat meliputi siswa yang malas, siswa yang mengganggu, dan orang tua siswa yang tidak mendukung. Solusi yang diberikan untuk mengatasi hambatan yaitu dengan melakukan teguran dan memberikan arahan kepada siswa dan orang tua siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ekstrakurikuler seni tari di SDN Bareng 5 Malang telah dilaksanakan dengan lancar dan dapat menstimulasi kecerdasan kinestetik siswa. Saran yang diberikan kepada pihak sekolah yaitu agar memberikan pelatihan mengenai ekstrakurikuler seni tari untuk guru agar lebih maksimal ketika melaksanakan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari. Bagi guru disarankan untuk lebih mengembangkan potensi khusus agar dapat mengajarkan ekstrakurikuler seni tari secara optimal kepada siswa. Bagi peneliti lain dapat digunakan sebagai referensi untuk memperluas jangkauan penelitian sehingga diperoleh hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70659

Actions (login required)

View Item View Item