Analisis kesesuaian muatan materi IPA pada buku siswa kelas VI tema 1 (Selamatkan Makhluk Hidup) edisi revisi 2018 dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013 / Rindang Rahayuning Ratri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian muatan materi IPA pada buku siswa kelas VI tema 1 (Selamatkan Makhluk Hidup) edisi revisi 2018 dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013 / Rindang Rahayuning Ratri

Ratri, Rindang Rahayuning (2019) Analisis kesesuaian muatan materi IPA pada buku siswa kelas VI tema 1 (Selamatkan Makhluk Hidup) edisi revisi 2018 dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013 / Rindang Rahayuning Ratri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Ratri Rindang Rahayuning. 2019. Analisis Kesesuaian Materi IPA pada Buku Siswa Kelas VI Tema 1 (Selamatkan Mahkluk Hidup) Edisi Revisi 2018 dengan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. Skripsi Program Studi S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dimyati S.Pd M.Pd (II) Dra. Harti Kartini M.Pd. Kata Kunci analisis buku siswa pendekatan saintifik materi IPA Buku siswa disusun dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran. Dari kajian analisis awal diperoleh temuan ketidaksesuaian penerapan pendekatan saintifik pada buku siswa kelas VI SD Tema 1 (Selamatkan Mahkluk Hidup) Edisi Revisi 2018 pada Subtema 2 Pembelajaran 3. Pada buku tersebut tertulis siswa secara berkelompok mempresentasikan hasil pekerjaan mereka didepan kelas (kegiatan mencoba) . Kegiatan tersebut seharusnya bukan termasuk dalam kegiatan mencoba sebagaimana tertulis didalam buku melainkan lebih tepat kegiatan mengkomunikasikan.Meskipun buku tersebut sudah melewati berbagai penyuntingan dan perbaikan oleh ahli namun tidak tertutup kemungkinan masih terdapat beberapa kekurangan di buku tersebut pada tema lainnya. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan kesesuaian materi IPA yang ada di buku dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan jenis penelitian menggunakan analisis isi. Objek yang diteliti yaitu materi IPA pada buku siswa kelas VI Tema 1 (Selamatkan Mahkluk Hidup). Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumen. Instrumen yang digunakan berupa pedoman analisis kesesuaian materi IPA dengan pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013 yang meliputi kegiatan mengamati menanya mengumpulkan informasi mengasosiasi/menalar dan mengkomunikasikan. Data yang disajikan berupa paparan hasil analisis dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil analisis ditemukan hal-hal sebagai berikut (1) kesesuaian materi IPA dengan kegiatan mengamati sebesar 43 33% dan memenuhi kriteria cukup sesuai . (2) kesesuaian materi IPA dengan kegiatan menanya sebesar 32 22% dan memenuhi kriteria kurang sesuai . (3) kesesuaian materi IPA dengan kegiatan mengumpulkan informasi sebesar 33 33% dan memenuhi kriterian kurang sesuai . (4) keseuaian materi IPA dengan kegiatan menalar sebesar 32 22% dan memenuhi kriteria kurang sesuai . (5) kesesuaian materi IPA dengan kegiatan menalar sebesar 32 22% dan memenuhi kriteria kurang sesuai . Kesimpulan hasil analisis diperoleh rata-rata hasil kesesuaian antara materi IPA di buku siswa dengan pendekatan saintifik yakni sebesar 34 66% persentase tersebut termasuk dalam kriterian kurang sesuai . Dengan demikian disarankan bagi guru SD dapat mencari bahan ajar tambahan yang lain sehingga mampu melengkapi kekurangan yang ada dan menunjang pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70658

Actions (login required)

View Item View Item