Analisis partisipasi warga sekolah pada program adiwiyata di SDN Polehan 2 Kota Malang / Fatrisya Desi Ariani

Ariani, Fatrisya Desi (2019) Analisis partisipasi warga sekolah pada program adiwiyata di SDN Polehan 2 Kota Malang / Fatrisya Desi Ariani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ariani, Fatrisya Desi. 2019. Analisis Partisipasi Warga Sekolah Pada Program Adiwiyata Di SDN Polehan 2 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Imam Nawawi, M.Si., (II) Puri Selfi Cholifah., S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Partisipasi, Warga Sekolah, Adiwiyata Program Adiwiyata merupakan program Kementrian Lingkungan Hidup yang mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup. Program Adiwiyata adalah program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui partisipasi warga sekolah, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program Adiwiyata. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif deskripstif untuk mengungkapkan data penelitian tentang analisis partisipasi warga sekolah pada pelaksanaan program Adiwiyata di SDN Polehan 2 Kota Malang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman dengan proses analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan peneliti diperoleh hasil penelitian yakni partisipasi warga sekolah pada pelaksanaan program Adiwiyata melalui kegiatan merawat gedung sekolah, memanfaatkan lahan sekolah, melaksanakan ekstrakulikuler berbasis lingkungan hidup, inovasi dan kreatifitas mengelola sampah, guru dan siswa aktif mengikuti aksi lingkungan hidup, melaksanakan kemitraan dengan pihak luar, mendapatkan dukungan dari mitra sekolah, dan mendukung sekolah lain untuk menjadi sekolah Adiwiyata. Faktor pendukung program Adiwiyata yaitu kesadaran sekolah untuk melestarikan lingkungan, sumber daya alam, sumberdaya manusia, dan dukungan dari mitra sekolah. Sedangkan faktor penghambat yaitu kesulitan dalam pembiayaan, keamanan lingkungan sekolah, dan pembudayaan kebiasaan melestarikan lingkungan di luar sekolah. Partisipasi warga sekolah pada pelaksaan program di SDN Polehan 2 Kota Malang sudah berjalan dengan baik. Untuk peningkatan pelaksanaan program perlu mencari sumber dana lain dan mempertimbangkan waktu pelaksanaan acara untuk mengantisipasi keterbatasan dan sekolah. Selain itu juga meningkatkan keamanan sekolah, serta melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pembudayaan peduli lingkungan pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70657

Actions (login required)

View Item View Item