Analisis aktivitas siswa pada kegiatan pembelajaran dalam buku siswa kelas II tema kebersamaan / Mira Prasetya Milaini

Milaini, Mira Prasetya (2019) Analisis aktivitas siswa pada kegiatan pembelajaran dalam buku siswa kelas II tema kebersamaan / Mira Prasetya Milaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Milaini, Mira Prasetiya. 2019. Analisis Aktivitas Siswa pada Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Siswa Kelas II Tema Kebersamaan. Skripsi, Prodi S1Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dimyati, S.Pd., M.Pd., (II) Dra. Sri Estu Winahyu, M.Pd. Kata kunci: aktivitas siswa, kegiatan pembelajaran, buku siswa. Berdasarkan temuan awal peneliti, pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri gugus 5 Kota Malang menggunakan buku teks terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam pembelajarannya. Ini berarti aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran memanfaatkan yang terdapat pada buku siswa sebagai topangan pembelajarannya. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran secara tidak langsung, masih sepenuhnya menggunakan buku siswa. Pada kenyataannya buku siswa yang diterbitkan masih banyak yang perlu diperbaiki dan pembelajaran seharusnya disesuaikan dengan keadaan lingkungan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan; (1) kesesuaian kegiatan pembelajaran dengan tujuan pembelajaran; (2) pengembangan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan ranah pengetahuan; (3) pengembangan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan ranah sikap; (4) pengembangan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan ranah keterampilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan kesesuaian kegiatan pembelajaran dengan tujuan pembelajaran dengan hasil prosentase kesesuaian sebesar 79,2% yang memenuhi tingkat validitas ‘sesuai’, yakni buku siswa kelas II tema kebersamaan dapat digunakan namun perlu revisi kecil. Hasil penelitian pengembangan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran ditemukan pengembangan ranah pengetahuan sebesar 45,3%, pengembangan ranah sikap sebesar 43,8% dan ranah keterampilan sebesar 10,9% paling banyak pengembangan ranah pengetahuan yang muncul diantara pengembangan ranah sikap dan keterampilan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan buku siswa utamanya pada kegiatan pembelajaran hendaknya mengacu pada tujuan pembelajaran agar kegiatan pembelajaran mencapai kompetensi yang telah ditetapkan, untuk lebih mengembangkan ranah pengetahuan, ranah sikap dan ranah keterampilan kemunculan ketiga ranah tersebut agar seimbang sehingga tidak timpang diharapkan lebih kreatif menggunakan sumber belajar, sehingga aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70656

Actions (login required)

View Item View Item