Hubungan keterlibatan siswa dalam program full day school terhadap tingkat kedisiplinan siswa di SDN Sawojajar 3 Kota Malang / Aditya Nurfauzan

Nurfauzan, Aditya (2019) Hubungan keterlibatan siswa dalam program full day school terhadap tingkat kedisiplinan siswa di SDN Sawojajar 3 Kota Malang / Aditya Nurfauzan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Nurfauzan, Aditya. 2019. Hubungan Keterlibatan Siswa dalam Program Full Day School Terhadap tingkat Kedisiplinan Siswa di SDN Sawojajar 3 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sa’dun Akbar M.Pd., (II) Drs. Goenawan Roebyanto, M.Pd. Kata Kunci: Full Day, Kedisiplinan Siswa, Sekolah Dasar Full day school merupakan suatu program yang mana siswa datang ke sekolah pada masing-masing hari kerja, 6 hari dalam satu minggu dengan waktu sekitar 8-10 jam. Konsep full day school ditekankan untuk menunjang pendidikan karakter yang ada di sekolah. Program full day school yang terdapat di SDN Sawojajar 3 Kota Malang telah mengacu pada 3 kegiatan yang ada dalam Permendikbud No. 23 Tahun 2017. Observasi yang dilakukan peneliti pada tanggal 31 Agustus 2018 sampai dengan 17 September 2018 menemukan adanya perilaku kurang disiplin pada siswa. Tujuan penelitian ini menjelaskan hubungan antara keterlibatan siswa dalam program full day school terhadap tingkat kedisiplinan siswa di SDN Sawojajar 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan desain korelasinal. Pengambilan data menggunakan angket dengan skala linkert. Angket yang digunakan untuk mengambil data telah diujicobakan terlebih dahulu kepada sample uji coba angket (kelompok kecil). Data diolah menggunakan rumus spearman correlation rank serta menggunakan rumus uji t. Penelitian dilakukan di SDN Sawojajar 3 Kota Malang kelas IV, V dan VI. Berdasarkan uji korelasi, uji t dan uji regresi yang telah dilakukan menggunakan aplikasi pengolah data SPSS 16 dengan tingkat tingkat toleransi kesalahan sebesar 5% deperoleh hasil nilai t hitung atau 3,325 > t tabel 1,6608. Dengan demikian “Ada hubungan antara keterlibatan siswa dalam program full day school terhadap tingkat kedisiplinan siswa”. Pengujian korelasi menggunakan rumus Spearman Correlation Rank mendapatkan hasil koefisien korelasi antara variabel keterlibatan siswa dala program full day school dengan tangkat kedisiplinan siswa sebesar 0,325654434. Korelasi tersebut dilihat dari tingkat keeratan hubungan ada pada kategori hubungan rendah, karena terletak antara 0,20 - 0,40. Dengan demikian berdasarkan hasil pengujian terhadap 98 orang responden diketaui bahwa terdapat hubungan yang rendah antara keterlibatan siswa dalam program full day school terhadap tingkat kedisiplinan siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70654

Actions (login required)

View Item View Item