Pengembangan media papan gantung peta Indonesia untuk pembelajaran IPS kelas V di sekolah dasar / Dienta Aditama Kurnia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media papan gantung peta Indonesia untuk pembelajaran IPS kelas V di sekolah dasar / Dienta Aditama Kurnia

Kurnia, Dienta Aditama (2019) Pengembangan media papan gantung peta Indonesia untuk pembelajaran IPS kelas V di sekolah dasar / Dienta Aditama Kurnia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Kurnia Dienta Aditama. 2019. Pengembangan Media Papan gantung peta pelabuhan-pelabuhan di Indonesia Untuk Pembejelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Murtiningsih M. Pd. (II) Putri Mahanani S. Pd. M. Pd. Kata Kunci Pelabuhan Media Papan Gantung Peta Indonesia IPS SD Media memiliki peran yang penting dalam sebuah pembelajaran. Media digunakan sebagai alat bantu untuk memperoleh pengalaman belajar yang sulit di dapatkan Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang diketahui pada saat guru akan menjelaskan tentang materi pelabuhan di tema 1 subtema 3 pembelajaran 3 ketersediaan media atlas pada pembelajaran materi pelabuhan masih belum mencukupi sehingga tujuan pembejalaran tidak tercapai. Hasil wawancara dengan guru kelas pada tanggal 30 Agustus 2018 diketahui bahwa tidak ada media peta untuk mengajarkan materi tentang pelabuhan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media Papan gantung peta pelabuhan-pelabuhan di Indonesia yang layak menurut ahli materi ahli media dan ahli pengguna (2) Menguji kelayakan Media Peta Papan Gantung Peta Indonesia Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan (R D) dan menggunakan adaptasi langah-langkah dari Borg Gall. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui angket dan test. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang yang berjumlah 38 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Produk yang dihasilkan yaitu sebuah peta pelabuhan Indonesia lengkap dengan buku petunjuk dan kompoen nama pelabuhan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dikategorikan layak dengan perolehan sebesar 89 37% oleh ahli media 95% oleh ahli materi dan 90% oleh ahli pengguna. Dari segi kelayakan media ini juga dikategorikan layak karena terjadi peningkatan rata-rata nilai kelas sebesar 21 92% sebelum menggunakan media dan sesudah menggunakan media yakni dari 55 05% menjadi 76 97% Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media Media Peta Papan Gantung Peta Indonesia layak dan berhasil. Media peta gantung peta Indonesia yang dikembangkan masih terbatas pada materi subtema manusia dan lingkungan pembelajaran 3 dan pembelajaran pembelajaran yang menerangkan pelabuhan saja. Sehingga dalam penelitian selanjutnya dapat dikembangkan produk media yang dapat dimanfaatkan pada materi yang lebih luas. Saran untuk peneliti selanjutnya perlu penyesuaian desain media agar penggunaan lebih sederhana dalam penggunaan. vi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70653

Actions (login required)

View Item View Item