Peningkatan hasil belajar matematika materi FPB dan KPK melalui model Missouri Mathematics Project (MMP) pada siswa kelas IV di SD Negeri Blitar / Alifta Fitri Ramadhani

Ramadhani, Alifta Fitri (2019) Peningkatan hasil belajar matematika materi FPB dan KPK melalui model Missouri Mathematics Project (MMP) pada siswa kelas IV di SD Negeri Blitar / Alifta Fitri Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ramadhani, Alifta Fitri. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi FPB Dan KPK Melalui Model Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Kelas IV SD Negeri Blitar. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Yuniawatika, S.Pd., M.Pd. (II) Prof. Dr. M. Zainuddin, M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar, FPB dan KPK, MMP Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di kelas IV SD Negeri Blitar diketahui bahwa: (1) dalam kegiatan pembelajaran, siswa hanya duduk mengerjakan dan mengumpulkan, (2) siswa jarang dikenalkan dengan media pembelajaran, (3) siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru, karena metode yang digunakan adalah metode ceramah, (4) guru juga belum pernah menggunakan model pembelajaran, (5) minat siswa terhadap mata pelajaran Matematika rendah, ditandai dari 35 siswa yang mendapat nilai mencapai KKM adalah 11 siswa, dan siswa lainnya belum mencapai KKM (≥70). Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu adanya solusi untuk memecahkan kesenjangan ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran MMP. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui penerapan model MMP pada siswa kelas IV SD Negeri Blitar dan (2) mengetahui model MMP dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi FPB dan KPK pada siswa kelas IV SD Negeri Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaanya dilakukan melalui 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdapat 2 kali pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil persentase aktivitas guru sebesar 87,91% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hasil persentase skor aktivitas siswa siklus I sebesar 79% meningkat menjadi 97,18% pada siklus II. Sedangkan hasil persentase ranah pengetahuan pada siklus I mencapai 69,70% dan menjadi 88,57 % pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model MMP dapat meningkatkan keaktifan siswa, kepercayaan diri siswa, mengasah kreativitas siswa, dan memudahkan siswa dalam memahami materi. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pada materi FPB dan KPK yang telah dilaksanakan pada siklus I dan II menunjukkan adanya peningkatan aktivitas yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam menerapkan model MMP. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa model MMP dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi FPB dan KPK pada siswa kelas IV SD Negeri Blitar dan disarankan apabila guru ingin meningkatkan hasil belajar Matematika dapat menerapkan model MMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70651

Actions (login required)

View Item View Item