Analisis muatan nilai-nilai karakter pada biografi Ki Hajar Dewantara / Anggun Citra Putri Ngananti

Ngananti, Anggun Citra Putri (2019) Analisis muatan nilai-nilai karakter pada biografi Ki Hajar Dewantara / Anggun Citra Putri Ngananti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Ngananti, Anggun Citra Putri. 2019. Analisis Muatan Nilai-nilai Karakter pada Biografi Ki Hajar Dewantara. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Muchtar S.Pd., M.Si (II) Drs. Syaiful Imam, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Nilai Karakter, Sastra Anak, Biografi Buku bacaan berjenis sastra anak dinilai dapat menjadi sarana yang tepat untuk membentuk karakter anak. Sastra anak mengandung nilai etika, moral, imajinasi dan kreativitas anak. Sastra anak berjenis biografi dapat dijadikan sarana untuk menumbuh-kembangkan karakter, karena biografi dikemas dalam bahasa sederhana dan penulisannya pun mengangkat fakta konkret yang disisipi nilai karakter positif (baik). Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung pada buku biografi Ki Hajar Dewantara dan (2) mendiskripsikan nilai-nilai karakter yang dominan muncul pada buku biogafi Ki Hajar Dewantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian berupa dokumen buku berjudul “Ki Hajar Dewantara Biografi Singkat 1889-1959” karya Suparto Rahardjo. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 5 nilai karakter utama yang muncul dalam biografi Ki Hajar Dewantara diantaranya: (1) nilai karakter religius, (2) nilai karakter nasionalis, (3) nilai karakter mandiri, (4) nilai karakter gotong royong, dan (5) nilai karakter integritas. Dari kelima nilai karakter utama tersebut, nilai karakter mandiri lebih dominan muncul. Pembahasan dalam penelitian ini mengenai nilai-nilai karakter yang termuat pada buku biografi Ki Hajar Dewantara. Nilai-nilai karakter yang muncul pada setiap bab judul buku biografi Ki Hajar Dewantara, menunjukkan bahwa sastra anak biografi memuat banyak nilai-nilai karakter yang dapat dijadikan teladan bagi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bagi kepala sekolah yang menaungi lembaga pendidikan, supaya digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam penyediaan buku bacaan yang bemuatan karakter positif bagi peserta didik. Bagi guru, dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan pembelajaran yang bemuatan karakter positif melalui karya sastra biografi. Bagi peneliti lain, dapat dijadikan sebagai pijakan untuk penelitian lain yang sejenis dengan cakupan yang lebih luas dan mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70650

Actions (login required)

View Item View Item