Pengembangan materi pengayaan tema 6 subtema 1 berbasis e-book learning menggunakan aplikasi 3D page flip kelas V SD Negeri Guyangan Kabupaten Nganjuk / Putri Septi Mawar Dianti

Dianti, Putri Septi Mawar (2019) Pengembangan materi pengayaan tema 6 subtema 1 berbasis e-book learning menggunakan aplikasi 3D page flip kelas V SD Negeri Guyangan Kabupaten Nganjuk / Putri Septi Mawar Dianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dianti, Putri S. 2019. Pengembangan Materi Pengayaan Tema 6 Subtema 1 Berbasis E-Book Learning Menggunakan Aplikasi 3D Page Flip Kelas V SD Negeri Guyangan Kabupaten Nganjuk. Skripsi, Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Alif Mudiono, M.Pd, (II) Dra. Lilik Bintartik, M.Pd Kata Kunci: pengembangan, 3D Page Flip, pengayaan Pembelajaran dilakukan menggunakan metode ceramah dan drill, sehingga meghambat kreatifitas siswa. Pembelajaran konvensional tanpa tersedianya bahan ajar dan media yang memadai berdampak pada kurangnya minat belajar siswa, sehingga siswa kesulitan memahami materi dan perlu waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas. Inovasi dalam pembelajaran dan penggunaan media dapat meningkatkan minat dan kreatifitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berbentuk e-book learning yang valid dan praktis menurut ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan pengguna pada materi tema 6 panas dan perpindahannya untuk memberikan solusi permasalahan di kelas V SDN Guyangan Nganjuk. Penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan enam tahapan yang meliputi pengumpulan data, perencanaan pengembangan produk, pengembangan draft produk, validasi produk, revisi hasil validasi, dan uji coba produk. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara tertulis, kuisioner, dokumentasi, hasil uji coba one to one, hasil uji coba skala kecil, hasil validasi ahli materi, hasil valdiasi ahli bahasa dan hasil validasi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pengayaan berbasis e-book learning memperoleh nilai validasi 95,36% dari ahli materi dengan kriteria sangat valid dan revisi kecil, nilai validasi dari aspek media sebesar 100% dengan kriteria sangat valid dan revisi kecil, untuk aspek bahasa nilai validasi sebesar 97,9% dengan kriteria sangat valid dan revisi kecil. Nilai validasi pengguna (guru kelas V) sebesar 98,78% dengan kriteria sangat valid dan tanpa revisi. Hasil uji one to one membuktikan bahwa produk sangat praktis dengan nilai validasi 92,75%, sehingga hasil uji coba skala kecil juga memperoleh nilai validasi yang sangat baik sebesar 96,8%. Produk dapat meningkatkan keaktifan serta kemampuan siswa. Siswa juga lebih tertantang dalam mengerjakan tugas, sehingga kelas menjadi kondusif. Berdasarkan paparan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar sekaligus media pembelajaran materi pengayaan berbasis e-book learning tema 6 subtema 1 kelas V masuk dalam kategori valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hendaknya produk terus dikembangkan, disebarluaskan setelah dievaluasi dan disosialisasikan, serta produk hendaknya dimanfaatkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70649

Actions (login required)

View Item View Item