Analisis implementasi pendekatan saintifik (5M) pada pembelajaran tematik di kelas III SDN Karangbesuki 2 Kota Malang / Nenni Wijiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis implementasi pendekatan saintifik (5M) pada pembelajaran tematik di kelas III SDN Karangbesuki 2 Kota Malang / Nenni Wijiani

Wijiani, Nenni (2019) Analisis implementasi pendekatan saintifik (5M) pada pembelajaran tematik di kelas III SDN Karangbesuki 2 Kota Malang / Nenni Wijiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wijiani Nenni. 2019. Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik (5M) Pada Pembelajaran Tematik di Kelas III SDN Karangbesuki 2 Kota Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutarno M.Pd (II) Puri Selfi Cholifah S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pendekatan Saintifik RPP Pembelajaran Tematik Sekolah dasar Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang diterapkan saat ini dengan menggunakan pembelajaran tematik dan menerapkan pendekatan saintifik yang terdiri dari kegiatan mengamati menanya mencoba menalar dan mengkomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik pada RPP pelaksanaan pembelajaran dan hambatan yang dialami oleh guru dalam pengimplementasian pendekatan saintifik di kelas III SDN Karangbesuki 2 Kota Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh dari guru kelas III dan dikumpulkan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dalam bentuk uraian singkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penyusunan RPP guru mencantumkan komponen secara lengkap meskipun belum secara rinci terutama pada materi pembelajaran dan penilaian. Aktivitas dalam pendekatan saintifik yang menonjol yakni kegiatan mengamati mencoba dan mengkomunikasikan. Perihal kegiatan menanya dan menalar masih kurang terlaksana dengan baik. Hambatan yang sering dialami oleh guru yakni pada kegiatan menanya dan menalar. Pada kegiatan menanya peserta didik takut salah ketika mengajukan pertanyaan. Pada kegiatan menalar hambatan muncul dari peserta didik yang kesulitan dalam merangkai bahasanya sendiri dan kemampuan berpikir peserta didik yang berbeda sehingga guru perlu lebih mendalam dalam membimbing untuk melakukan penalaran tentang suatu hal. Berdasarkan hasil penelitian pada pelaksanaan yang belum optimal yakni di kegiatan menanya dan menalar. Hambatan terjadi pada kegiatan mengamati menanya menalar dan mengkomunikasikan sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik di kelas III SDN Karangbesuki 2 Kota Malang telah dilaksanakan dengan cukup baik. Saran yang diberikan kepada pihak sekolah yakni agar memberikan pelatihan kepada guru terkait penerapan pendekatan saintifik pada proses pelaksanaan pembelajaran. Bagi guru disarankan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan RPP dan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik sehingga dapat mengembangkan kemampuannya dalam menerapkan kegiatan mengamati menanya mencoba menalar dan mengkomunikasikan. Bagi peneliti lain dapat digunakan sebagai referensi untuk memperluas jangkauan penelitian terkait pendekatan saintifik pada pembelajaran sehingga diperoleh hasil yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70646

Actions (login required)

View Item View Item