Penerapan model PBL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada muatan PKN Subtema Keragaman Suku Bangsa di SDN Buring Kota Malang / Ali Aji Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model PBL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada muatan PKN Subtema Keragaman Suku Bangsa di SDN Buring Kota Malang / Ali Aji Pratama

Pratama, Ali Aji (2019) Penerapan model PBL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada muatan PKN Subtema Keragaman Suku Bangsa di SDN Buring Kota Malang / Ali Aji Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pratama Ali Aji. 2019. Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Aktivitastas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Muatan PKn Subtema Keragaman Suku di SDN Buring Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Imam Nawawi M.Si Drs. Sumanto M.Pd. Kata Kunci Model PBL Hasil Belajar Muatan Pkn. Pembelajaran yang kita ketahui ada 2 yaitu pembelajaran yang membosankan dan pembelajaran efektif. Pembelajaran efektif menuntut siswa untuk ikut aktif selama mengikuti pembelajaran dan siswa diajak untuk berpikir kritis serta kreatif. Selama ini guru belum menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pada muatan PKn. Dari hasil tes yang dilaksanakan siswa yang tuntas yaitu 19 dari 34 siswa yang mengikuti tes dengan ketuntasan klasikal yaitu 75. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran masih rendah dan cenderung pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan PKn. Guru dapat melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Aktivitas belajar siswa dapat meningkat dan berdampak baik terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yakni teknik untuk memperoleh data penerapan model pembelajaran PBL digunakan lembar observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik untuk menumpulkan data aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi. Teknik pengumpulan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa menggunakan soal evaluasi dari rencana pelaksanaan pembelajarn (RPP) yang dilengkapi dengan kunci jawaban dan penskoran. Hasil penelitian ini yaitu guru dapat melaksanakan model pembelajaran dengan runtut dan dikategorikan sangat baik. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 76 27 dan pada siklus II 80 09 dan dapat dikategorikan baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa meningkat pada siklus I yaitu sebesar 70 58% dan pada siklus II 79 41% dan masuk kedalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis memberi saran terhadap guru yaitu dapat menjadi referensi untuk memilih model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan untuk peneliti lain dapat menggunakan model pembelajaran PBL pada subtema lainnya dan muatan yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70645

Actions (login required)

View Item View Item